Strategi Guru Kelas Dal.am Mengatasi Kenakalan Siswa Di MII Dekoro Pekalongan Timur Tahun Pelajaran 2013/2014

Usrilina, Usrilina (2014) Strategi Guru Kelas Dal.am Mengatasi Kenakalan Siswa Di MII Dekoro Pekalongan Timur Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021311098USRILINA BAB I - V DAN LAMP .PDF

Download (5MB)
[img] Other (Thesis)
2021311098 USRILINA BAB I - V DAN LAMP FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Sosok guru mempunyai peran penting dalam membimbing siswa untuk belajar. Guru adalah orang yang digugu dan ditiru jadi pantaslah menjadi panutan bagi siswa untuk mengajarkan hal-hal yang baik. Banyak faktor yang melatar belakangi terjadinya perilaku siswa MII Dekoro Pekalongan Timur Tahun Pelajaran 2013/2014 yang beranjak remaja seperti kurangnya kasih sayang dari orang tua, pendidikan agama yang minim, malas belajar, dan lain sebagainya. Pada dasarnya siswa masih, tnemhutuhkan,bimhingan. dan, pengawasan dari keluatga dan. bila mereka sering menentang orang tuanya, bukan berarti sernua yang ditentangnya dilakukan dengan sepenuh hatinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja bentuk kenakalan siswa di Mil Dekoro Pekalongan Timur Tahun Pelajaran 2013/2014? bagaimana strategi guru kelas dalam mengatasi kenakalan siswa di MII Dekoro Pekalongan Timur Tahun Pelajaran 2013/2014? faktor apa saja yang mendukung dan menghambat strategi guru kelas dalam mengatasi kenakalan siswa di Mil Dekoro Pekalongan Timur Tahun Pelajaran 2013/2014?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bentuk kenakalan siswa di MII Dekoro, untuk mendeskripsikan strategi guru kelas dalam mengatasi kenakalan siswa di Mii Dekoro, untuk mendeskripsikan faktor yang mendukung dan menghambat strategi guru kelas dalam mengatasi kenakalan siswa di Mii Dekoro Pekalongan. Kegunaan penelitian adalah memberikan masukan kepala sekolah di MII Dekoro agar rnengetahui falctor apa saja yang dapat mempengaruhi kenakalan pada siswa. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data daJam penelitian ini observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Bentuk kenakalan siswa di MII Dekoro, yakni: kenakalan siswa yang termasuk pelanggaran ringan, kenakalan siswa yang termasuk pelanggaran sedang dan kenakalan siswa yang termasuk pelanggaran berat. Kedua, Strategi guru kelas dalam mengatasi kenakalan siswa di Mii Dekoro terdiri dari 4 (tiga) strategi, yakni: melakukan tindakan konseling, menggiatkan ekstrakurikuler, mengajak siswa melakukan kegiatan Ibadah, mengadakan PHBI, menjaga kebersihan dan lain sebagainya, serta melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan siswa. Ketiga, Faktor yang mendukung strategi guru kelas dalam mengatasi kenakalan siswa di Mii Dekoro, yakni: adanya penerapan tata tertib secara ketat dan adanya kegiatan keagamaan di madrasah. Faktor yang menghambat, yakni: adanya sikap pemanjaan dari orang tua, kurangnya perhatian dan motivasi dad orang tua, adanya permasalahan dalam keluarga, belum ada guru bimbingan konseling, adanya rasa malu dalam diri siswa dan permasalahan keluarga yang tabu untuk dibicarakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMustakim, ZaenalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru Kelas Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:42
Last Modified: 12 Jul 2023 07:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3267

Actions (login required)

View Item View Item