Agustina, Tri (2016) Implementasi Total Quality Management di Gerai Dinar Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.
Other (Tesis)
2012111065 TRI AGUSTINA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (21MB) |
|
Other (Tesis)
2012111065 TRI AGUSTINA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (25MB) |
Abstract
Kualitas lembaga keuangan syariah berbasis logam mulia pada dasarnya sangat dipengaruhi oleh faktor manajemen. Totalitas kinerja dan pencapaian (achievement) akan terlihat ketika sebuah lembaga menerapkan prinsip total quality management (TQM). Gerai Dinar Pekalongan adalah lembaga keuangan berbasir dinar dirham yang berusaha untuk mengedukasi dan memfasilitasi masyarakat dalam berinvestasi logam mulia. Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah, yaitu (1) bagaimana strategi Gerai Dinar Pekalongan dalam melakukan perencanaan kualitas (quality planning)?, (2) bagaimana strategi Gerai dinar Pekalongan dalam melakukan pngendalian kualitas (quality control)?, dan (3) bagaimana strategi Gerai Dinar Pekalongan dalam melakukan perbaikan atau peningkatan kualitas (quality improvement)?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi Gerai Dinar Pekalongan dalam perencanaan kualitas (quality planing), pengendalian kualitas (quality control), dan perbaikan/peningkatan kualitas (quality improvement). Penelitian ii menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknis analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gerai Dinar Pekalongan belum sepenuhnya menerapkan prinsip TQM sesuai yang dikemukakan oleh J.M. Juran dalam trilogi kualitasnya. Implementasi TQM di lembaga ini hanya fokus pada beberapa aspek (indikator trilogi kualitas Juran), seperti identifikasi pelanggan eksternal dengan tidak secara khusus menciptakan keistimewaan produk, tingkat kualitas kinerja diukur dengan mengevaluasi laporan keuangan dan kedisiplinan, kepuasan nasabah diukur menggunakan survey (angket), motivasi peningkatan kualitas kinerja dengan briefing harian dan tilawah Al Quran secara bergiliran, pemberian reward atas prestasi kerja, pelatihan untuk meningkatkan skill bersifat insidental, peninjauan kemajuan, publikasi pencapaian kerja, ekspansi bisnis secara masif dilakukan oleh Gerai Dinar Pekalongan dalam rangka meningkatkan kualitas lembaga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Total Quality Management (TQM) | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 12 Jul 2023 08:21 | ||||||||
Last Modified: | 12 Jul 2023 08:21 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3269 |
Actions (login required)
View Item |