Implementasi Metode Bercerita Untuk Mengaktifkan Kemampuan Bahasa Anak Didik Di Ra Masyithoh Sidorejo W Arungasem Batang Kelas Bl Semester I Tahon 2014/2015

RUFAIDAH, ANNY (2015) Implementasi Metode Bercerita Untuk Mengaktifkan Kemampuan Bahasa Anak Didik Di Ra Masyithoh Sidorejo W Arungasem Batang Kelas Bl Semester I Tahon 2014/2015. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
232108389 ANNY RUFAIDAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (6MB)
[img] Text
232108389 ANNY RUFAIDAH BAB I - V DAN LAMP FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ANNY RUFAIDAH. 232108389. Tahun 2015. Impletnentasi Metode Bercerita untuk Mengaaktifkan Kemampuan Bahasa Anak Didik di RA Masyithoh Sidorejo Warungasem Batang Ke/as BI Semester I Tah1111 Pelajaran 2014/2015, Skripsi Jurusan Ilmu Tarbiyah Sekolah Tinggi Agarna Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Dr. M. Sugeng Sholehuddin, M.Ag. Kata Kunci :Metode Bercerita, Kemampuan Bahasa Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurang aktifnya anak didik di RA Masyithoh Sidorejo Warungasern Batang terutama kelas B 1 dalam bidang bahasa. Itu disebabkan karena kurangnya rnotivasi, metode belajar yang digunakan kurang bervar:iasi dan kurang fokusnya gum terhadap perkembangan bahasa anak. Sehingga kemampuan bahasa anak didik sangat minim dan tidak sesuai dengan tahap perekembangannya. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) bagaimana implernentasi metode bercerita di RA Masy:ithoh Sidorejo Warungasem Batang? (2) bagaimana kemarnpuan bahasa anak didik di RA Masy:ithoh Sidorejo Wanmgasem Batang? Penelitian ini berrujuan : (I) Untuk mengetahui bagaimana implementasi metode bercerita di RA Masyithoh Sidorejo Warungasem Batang (2) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan bahasa anak didik di RA Masyithoh Sidorejo Warungasem Batang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah anak did:ik kelas B 1 yang berjumlah 19 anak dan guru RA Masyithoh Sidorejo Wamngasem Batang. Sedangkan dalarn pengurnpulan data penulis menggunakan teknik wawancara, observas:i dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analis:is deskr:iptif presentatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode berecerita, kemampuan bahasa anak didik meningkat dan lebih aktif dari sebelumnya. Terlebih keterampilan bahasanya dalam aspek mendengar yang sebelumnya 52% meningkat menjadi 79%, pada aspek berbicara yang sebelumnya 56% meningkat menjadi 82%, pada aspek membaca yang sebelumnya 55% meningkat menjadi 77% , dan pada aspek menulis yang sebelumnya 56% meningkat menjadi 74%. Dari basil analisis data yang dilakukan maka disimpulkan bahwa penerapan metode bercerita dapat mengaktifkan kemampuan bahasa anak didik di RA Masyithoh Sidorejo Warungasem Batang. Disamping itu juga disarankan agar pembelajaran yang dilakukan menggunakan model dan metode yang bervariasi sesuai dengan situasi kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorsolehuddin, M. sugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita, Kemampuan Bahasa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:04
Last Modified: 26 Jul 2023 02:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3277

Actions (login required)

View Item View Item