Problematika Pembuatan Rencana Kegiatan Pembelajaran Di Raudhatul Athfal Muslimat NU Warulor Wiradesaadesa Pekalongan

Fatimah, Siti (2015) Problematika Pembuatan Rencana Kegiatan Pembelajaran Di Raudhatul Athfal Muslimat NU Warulor Wiradesaadesa Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021311135 SITI FATIMAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (7MB)
[img] Other (Thesis)
2021311135 SITI FATIMAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

RA Muslimat NU Warulor Wiradesa merupakan lembaga pendidikan Islam taman kanak - kanak, yang bertanggung jawab untuk menjadikan anak didiknya menjadi generasi penerus bangsa yang mempunyai kepribadian muslim. Selain hal demikian guru juga bertugas dan berkewajiban membuat perangkat pembelajaran seperti rencana pembelajaran, dan lain sebagainya. Sehingga dengan demikian proses belajar mengajar akan lebih efektif dan sistematis dengan adanya perangkat pembelajaran yang ada. Namun sebagian besar guru RA atau TK pada \lffi\lffi!l.Y~, 1ill1Js1Jsnya. di RA Muslimat NU Warulor Wiradesa masih keteteran dalam membuat perangkat pembelajaran tersebut, karena memang begitu banyak problematika yang para guru hadapi dalam pembuatan rencana pembelajaran. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pedoman pembuatan dan untuk mengetahui penerapan pembuatan Rencana Kegiatan Pembelajaran di Raudlatul Athfal Muslimat NU Warulor Wiradesa Pekalongan, dan Untuk mengetahui problematika yang membuat beberapa guru kerepotan membuat rencana kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para guru RA di RA Muslimat NUR W arulor pada khususnya dan guru TK di Indonesia pada umumnya agar tidak menyepelekan esensi dari perangkat pembelajaran. Kemudian juga menjadi PR besar bagi pemerintah untuk memperdayakan guru RA atau TK di seluruh Indonesia agar profesionalismenya meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan mengambil lokasi di RA Muslimat NU Warulor Wiradesa Pekalongan. Subyek data dalam penelitian ini adalah guru RA Muslimat NU Warulor Wiradesa Pekalongan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Pemerikasaan keabsahan data dilakukan melalui teknik analisis data yang di dapat dari RA Muslimat NU W arulor Wiradesa, serta dibandingkan dengan teori yang didaprt melalui penelitian dari berbagai buku yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pedoman pembuatan clan penerapan pembuatan Rencana Kegiatan Pembelajaran di Raudlatul Athfal Muslimat NU Warulor Wiradesa Pekalongan dapat dikatakan baikjika dilihat dari teori yang ada. Pada dasarnya komposisi RKH yang digunakan guru RA Muslimat NU W arulor Wiradesa Pekalongan sudah sesuai standar yang digunakan sebagai acuan. (2) Berbagai problematika daJam pembuatan RKH, seperti kekurangan waktu pembuatan RKH dan perangkat pembelajaran lain, banyak kegiatan dan pelatihan yang diikuti para guru yang sem.akin mengurangi waktu pembuatan RKH dan perangkat pembelajaran lain, kurangnya gaji guru RA dan tidak ada biaya intensif, dan minimnya tenaga kependidikan. Merupakan problematika yang dialami pada umumnya guru TK atau guru RA di seruluh Indonesia. Jadi hal ini merupakan PR besar bagi pemerintah untuk segera mensejahterakan para guru TK atau RA di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhumaedy, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembuatan Rencana Kegiatan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:43
Last Modified: 14 Jul 2023 07:43
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3303

Actions (login required)

View Item View Item