Studi komparasi strategi pemasaran produk pembiayaan modal kerja musyarakah antara BMT Nurussa'adah Pekalongan dan BMT Minna Lana Pekalongan

Wicaksono, Arief (2014) Studi komparasi strategi pemasaran produk pembiayaan modal kerja musyarakah antara BMT Nurussa'adah Pekalongan dan BMT Minna Lana Pekalongan. Diploma thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
201209001 ARIEF WICAKSONO BAB I, V, LAMP_1.PDF

Download (4MB)
[img] Text (Thesis)
201209001 ARIEF WICAKSONO BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

BMT (Baitul Maal Wa Tamwil) merupakan organisasi yang juga berperan Berdirinya BMT dimaksudkan untuk menjangkau lapisan masyarakat bawah. BMT sangat membantu perekonomian yang berperan sebagai lembaga intermediasi dari pihak surplus dana kepada pihak yang membutuhkan dana dengan prosedur yang tidak rumit, pelayanan yang tidak kalah dengan lembaga keuangan mikro dan yang terpenting adalah sesuai dengan konsep syariah. Pembiayaan musyarakah adalah akad kerjasama antara kedua belah pihak yakni antara atau lebih suatu usaha tertentu, dimana masing-masing pihak memberikan konttribusi dana dengan ketentuan bahwa keuntungan dibagi berdasarkan porsi kor1tribusi dana. Objek penelitian yang digunakan adalah BMT Nurussa'adah dan BMT Minna Lana. Pennasalahan yang dibahas tentang strategi penyaluran produk pembiayaan modal kerja musyarakah di BMT Nurussa'adah dan BMT Minna Lana agar bias membantu para nasabah menjalankan usahanya supaya lebih berkembang. BMT Nurussa'adah menggunakan strategi mouth to mouth karena letak BMT Nurussa'adah terletak dipemukiman warga sedangkan BMT Minna lana menggunakan strategi komunikasi. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan sumber data yang diperoleh melalui sumber data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh penulis, hasil penelitiannya dapat disimpulkan bahwa pada tahun 2010-2011 kedua BMT belum sepenuhnya menjalankan strategi promosi yang dapat menarik minat nasabah agar mau menggunakan produk pembiayaan musyarakah. Pemasaran produk pembiayaan modal kerja musyarakah untuk BMT adalah menggunakan media sosial untuk promosi produk, pendekatan ke nasabah untuk memperluas jaringan serta promosi yang dilakukan secara kontinu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAsytuti, RindaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: strategi, pemasaran, musyarakah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:24
Last Modified: 14 Jul 2023 08:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3304

Actions (login required)

View Item View Item