Upaya meningkatkan kemampuan membaca kalimatkalimat garibah dalam alquran melalui metode drill pada siswa kelas v SD Muhammadiyah Bligo 01 Buaran pekalongan tahun 2013-2014.

Afiyah, Nur (2015) Upaya meningkatkan kemampuan membaca kalimatkalimat garibah dalam alquran melalui metode drill pada siswa kelas v SD Muhammadiyah Bligo 01 Buaran pekalongan tahun 2013-2014. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021210184 NUR AFIYAH BAB I - V DAN LAMP .PDF

Download (3MB)
[img] Other (Thesis)
2021210184 NUR AFIYAH BAB I - V DAN LAMP FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Hasil pembelajaran membaca kalimat-kalimat gharibah dalam Alquran siswa kelas V SD Muhammadiyah Bligo 01 Buaran pekalongan masih rendah, keaktifan siswa masih kecil, sehingga pengajaran terkesan monoton dan tidak menggairahkan. Peserta didik hanya mendengar apa yang dijelaskan guru, sangat jarang terangsang untuk berpikir, tetapi lebih banyak untuk mengingat dan menghafal materi pelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana peningkatan kemampuan membaca kalimat-kalimat ganbah dalam Alquran słswa kelas V SD Muhammadiyah Bligo 01 Buaran Pekalongan Tahun 2013/2014 Apakah metode drill dapat meningkatkan kemampuan membaca kalimat-kalimat garibah kelas V SD Muhammadiyah Bligo 01 Buaran Pekalongan Tahun 2013/2014 ? Tujuan peelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan upaya kemampuan membaca kalimat-kalimat garibah dalam Alquran siswa kelas V SD Muhammadiyah Bligo 01 Buaran Pekalongan_ Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui metode drill siswa kelas V SD Muhammadiyah nłigo 01 Buaran Pekalongan Tahun 2013/2014, sedang kegunaan penelitian ini adalah untuk pengembangan dan pembenahan dunia pendidikan di sekolah-sekolah dan dapat memperkaya khazanah penelitian pendidlkan islam, Subyek peneiilian ini ddalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Bligo Oi Buaran Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 46 siswa. Penelitian im merupakan penelitian tindakan kelas (PIK) yang dilaksanakan sampai dua siklus. Tiap siklus meliputi empat tahap yaitu pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi, observasi, tes (lisan), dan wawancara. Data dianalisis menggunakan tcknik analisis deskriptifkualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa dan 59% pada pra siklus menjadi 76% pada siklus l, kemudłan menłngkat menjadi 85% pada siklus Il. Sedangkan nilai rata-rata siswa dari 73 pada pra sik/us menjadi 77 pada siklus I kemudian meningkat menjadi 81 pada siklus II. Adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada pra siklus 48% menjadi 60% pada siklus dan 77%. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa Proses pembelajaran dengan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi pokok kalimat-kalimat garibah di kelas V Sl) Muhammadiyah Bligo 01 Buaran pekalongan Tahun Pelajaran 2013,'2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaskhur, MaskhurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca, Kalimat Garibah, Metode Drill
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:46
Last Modified: 14 Jul 2023 07:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3309

Actions (login required)

View Item View Item