Upaya meningkatkan pengenalan huruf latin sederhana mclalui penggunaan kartu gambar pada anak kelompok B TK Muslimat NU Tangkİl Kulon Kedungwuni Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014

Salamah, Umi (2015) Upaya meningkatkan pengenalan huruf latin sederhana mclalui penggunaan kartu gambar pada anak kelompok B TK Muslimat NU Tangkİl Kulon Kedungwuni Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021210198 UMI SALAMAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (9MB)
[img] Other (Thesis)
2021210198 UMI SALAMAH BAB I- V DAN LAMP FULL TEXT_1.PDF

Download (16MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Sebelum adanya alat peraga şebagaİ pemuşat perhatİan dalam belajar yang ada di TK Muslimat NU Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan, anak didik cenderung kurang bisa mengembangkan kemampuan dirinya dalam hal membaca maupun menulis sehingga mempengaruhi hasil atau prestasi belajar anak didik dalam memenuhİ standar yang diharapkan. Oleh karena İtü dalam melaksanakan tugasnya guru dituntut unluk mampu mengembangkan media pembelajaran berupa alat peraga gambar bagi para anak didik. Dalam penelitian İni rumusan masalahnya adalah Bagaimana penggunaan kartu gambar dalam pembelajamn, Bagaimana kcmampuan mengenal huruf latin sederhana anak kelompok B sebelum penggunaan kartu gambar, Apakah penggunaan kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf latin sederhana anak kclompok B TK Muslimat NU Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan Fwnclitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan kartu gambar dalam pembelajaran, untuk mengetahui kemampuan mengenal huruf latin sederhana dalam sebclum penggunaan kartu gambar, çxnggunaan kartu gambar dapat meningkatkan pengenalan huruf latin sederhana anak kelompok B TK Muslimat NU Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan. Sedangkan kcgunaan penelitian ini antara lain: Dapat dijadikan sebagaİ wacana kepada para pendidik dan pembaca mengenaİ pengembangan inovasİ atau Strategi pembelajaran dengan media yang tepat dalanı kegiatan pembelajaran bagi anak didik di TK- Sebagai modal pengctahuan mengenai pengembangan media pembelajaran berupa alat peraga yang tepat dan sesuaİ dengan karakteristik materİ pelajaran yang diajarkan oleh setiap guru. Penelitian İni termasuk jenis penelitian tindakan kelas yaİtu suatu peneIİtİan yang dilakukan di kelis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dengan metode metode wawancara, metodc teş dan metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya dengan menggunakan analisis deskriptif yaitu dengan cara mendeskripsikan dan menginterprestasikan kcgİatan Fngguman kartu gamba dalam meningkatkan pengenalan huruf latin sederhana di kelas. Hasİl peneIİtİan tindakan kelaş menunjuk_kan ada pcnİngkatan kemampuan mengenal huruf latin sederhana dengan menggunakan alat peraga gambar bagi anak kelompok B di TK Muslimat NU Tungkil Kulon Kedungwuni Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014. Dari prasiklus sebelum menggunakan kartu gambar diketahui ada 4 anak yang mengenal huruf latin sederhana, yang cukup ada 8 anak dan yang belum mencapai indikator 8 anak. Pada siklus I yang sudah dapat mencapai ada 10 anak, yang cukup ada 5 anak, dan yang belum mencapaİ ada 5 anak. Pada siklus II menunjukkan yang sudah mampu mengenal huruf latin.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaskhur, MaskhurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Huruf Latin Sederhana, Kartu Gambar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 14 Jul 2023 08:42
Last Modified: 14 Jul 2023 08:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3316

Actions (login required)

View Item View Item