Upaya meningkatkan kemampijan bahasa anak melalui metode sosiodrama dl kelompok B TK Muslimat NU Dadirejo Timur Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2013/2014

Hariyatun, Tri (2014) Upaya meningkatkan kemampijan bahasa anak melalui metode sosiodrama dl kelompok B TK Muslimat NU Dadirejo Timur Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2013/2014. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021210203 TRI HARIYATUN BAB 1 - V .PDF

Download (4MB)
[img] Other (Thesis)
2021210203 TRI HARIYATUN BAB 1 - V FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perkembangan bahasa sebagai salah satu dari kemampuan dasar yang harus dimiliki anak bertujuan agar anak mampu mengungkapkan pikiran melaluİ bahasa yang sederhana secara tepat, mampu berkomunikasi şecara efektif dan membangkİtkan minat untuk dapat berbahasa Indonesia. Menentukan metode pengajaran dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak sangat penting sekali. Peneliti memilih tempat penelitian di kelompok B TK Muslimat NU Dadirejo Timur Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014 dilatar bclakangİ oleh kondisi anak di TK tersebut belum Optimal dalam berkomunikasi secara lisan dengan bahasanya sendiri (sesuai bahasa anak), menggunakan kata-kata yang menunjukkan urutan, bercerİta tentang gambar yang dişediakan atau dibuat sendirİ dengan urut dan bahasa yang jelas. Dalam penelitian ini rumusan masalah yang diajukan adalah apakah melalui metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak di kelompok B TK Muslimat NU Dadirejo Timur Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian adalah melalui metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak di kelompok B TK Muslimat NU Dadirejo Timur Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Manfaat dari penelitian tersebut adalah anak mampu berbahasa dengan baik. Jenis penelitian adalah Penelitian tındakan Kelas dengan Subjek anak didik kelompok B TK Muslimat NU Dadirejo Timur Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 38 anak terdiri dari 21 anak laki-laki dan 17 anak perempuan. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa melalui metode sosiodrama terjadİ peningkatan kemampuan bahasa anak secara optimal yang meliputi berkomunikasi secara lisan dengan bahasa sendiri dan berbicara lancar 5-6 kata. Berdasarkan hasil perbaikan tindakan darİ 38 anak Kelompok B pada Pm Siklus 17 anak (45%) telah mencapai indikator (mampu), 11 anak (30%) cukup mampu dan 10 anak (25%) kurang mampu. Pada siklus l: 25 anak (65%) telah mencapaİ indikator (mampu), 9 anak (25%) cukup mampu dan 4 anak kurang mampu. Pada siklus II: 34 anak (87%) mampu, 3 anak (10%) cukup mampu dan I anak (3%) kurang mampu. Peningkatan jumlah anak pada pencapaian İndikator mcmbuktİkan keberhasilan penerapan metode sosiodrama di kelompok B TK Muslimat NU Dadirejo Timur Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bahasa Anak, Sosiodrama
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:59
Last Modified: 17 Jul 2023 01:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3321

Actions (login required)

View Item View Item