Pcndidikan Agama Islam dengan Pendekatan Beyond Centers and Circles Time di Kclompok Bermain Masyithoh Kuripan Kidul Kata Pekalongan. Pekalongan: STAIN Pckalongan

khoirun, Nisak, (2015) Pcndidikan Agama Islam dengan Pendekatan Beyond Centers and Circles Time di Kclompok Bermain Masyithoh Kuripan Kidul Kata Pekalongan. Pekalongan: STAIN Pckalongan. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
232108457 KHOIRUN NISAK BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (12MB)
[img] Text
232108457 KHOIRUN NISAK BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (24MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu hentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar arah pertumbuhan, perkembangan dan kecerdasan. Pengernbangan nilai-nilai keagamaan kepada anak usia dini diharapkan mampu rnewamai perturnbuhan dan perkernbangan dari diri rnereka sehingga diharapkan akan muncul suatu dampak pcsitif yang berkembang meliputi fisik, aka! pikiran, akhlak, perasaan, kejiwaan, estetika dan kemampuan sosialisasinya yang diwarnai clengan nilai-nilai keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan clan menganalisis secara kritis tentang penerapan pendekatan Beyond Centers and Circles Time (BCCT) dalam pembelajaran Pendidikan Agarna Islam di Kelompok Bermain Masyithoh Kuripan Kidul Kota Pekalongan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat rnenyempumakan penerapan pendekatan Beyond Centers and Circles Time (BCCT) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelompok Bermain, juga sebagai bekal awal tentang nilai-nilai keagamaan bagi anak dalam menjalankan pendidikan pada jenjang selanjutnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang Kelompok Bermain Masyithoh Kuripan Kidul Kota Pekalongan. Pengumpulan data diperoleh dengan rnelakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis dan disimpulkan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa l ). Pendekatan Beyond Centers and Circles Time (BCCT) dalam pernbelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelompok Bermain dilaksanakan pada saat materi pagi dan di sentra iman dan taqwa. Sementara penanaman nilai-nilai keagamaan dilaksanakan setiap hari di semua sentra dan semua kegiatan. 2). Faktor pendukung pendekatan Beyond Centers and Circles Time (BCCT) adalah guru yang telah mengikuti pelatihan pendekatan Beyond Centers and Circles Time (BCCT) dan Alat Peraga Edukatif (APE) yang memadai. Hasil pembelajaran tentang penerapan Pendidikan Agama Islam sudah menunjukkan hasil yang memuaskan. Hal ini terlihat dari banyaknya indikator-indikator pembelajaran yang sudah tercapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuslih, MohUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Integrasi Materi Pcndidikan Agama Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:05
Last Modified: 26 Jul 2023 02:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3325

Actions (login required)

View Item View Item