Penggunaan metode bermain puzzle unluk meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelompok A TK Qurota 'ayun Aisyiyah Kota Pekalongan

Noviyana, Fitri (2014) Penggunaan metode bermain puzzle unluk meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelompok A TK Qurota 'ayun Aisyiyah Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021210219 FITRI NOVIYANA BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (6MB)
[img] Other (Thesis)
2021210219 FITRI NOVIYANA FULL TEXT (Done).PDF
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Anak usia dini adalah şosok individu yang sedang menjalani suatu proses perkembangan dengan pesat dan fundamental bagI kehidupan selanjutnya. Proses pembelajaran sebagaI bentuk perlakuan yang diberikan kepada anak harus memperhatikan karakteristik yang dimiliki setiap tahapan perkembangan anak. Aspek perkembangan kecerdasan emosional diharapkan akan meningkatkan ketaqwaan anak terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan membina sikap anak dalam rangka meletakkan dasar agar anak menjadi warga Negara yang baik. Permasalahan yang menjadI pokok kajIan dalam skrIpsI Ini adalah bagaimana mengembangkan kecerdasan emosional di TK Qurota'ayun Aisyiyah Kota Pekalongan, karena kemampuan emosional anak kelompok A di TK Qurota A'yun belum memenuhi standar tingkat pencapaian perkembangan. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan kelas (PTK) Kualitatif melalui data dan Informasi yang diperoleh menggunakan beberapa Instrumen pengumpulan data yaItu observasi, dokumentasi, dan interview. Jenis analisis data yang penulis gunakan adalah teknik analisis kuantitâtif yaitu menganalisis data yang ada dalam bentuk tabel atau angka dengan menggunakan rumus prosentasc. Berdasarkan penelitian yang penulIs lakukan di TK Qurota'ayun Aisyiyah Kota Pekalongan tentang implementasi metode benmain Puzzle dalam pengembangann kecerdasan emosional pada kelompok Al di TK Qurota'ayun Aisyiyah Kota Pekalongan menunjukkan bahwa pada siklus I kemampuan pengembangan kecerdasan emosional anak dengan rata — rata hasil prosentase sebesar 65,46% masih kuarang maksimal sehingga perlu ditingkatkan pada siklus berikutnya, Pada siklus 2 hasil rata — rata yang dicapai sebesar Dari analisis perhitungan hasil prosentase akhir pada siklus 2 yang telah dicapai maka penggunaan metode bermain Puzzle terbukti dapat meningkatkan kecerdasan emosional pada anak didik kelompok Al TK Qurrota A 'yun Kota Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, Moh. SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Puzzle, Kecerdasan Emosional
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:05
Last Modified: 17 Jul 2023 04:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3333

Actions (login required)

View Item View Item