Demokrasi pendidikan islam perspektif Fazlur Rahman (analisis buku islam dan modemitas transformasi dan intlektual

Farizah, Arifina (2015) Demokrasi pendidikan islam perspektif Fazlur Rahman (analisis buku islam dan modemitas transformasi dan intlektual. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211001 ARIFINA FARIZAH BAB I - V DAN LAMP FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Other (Thesis)
2021211001 ARIFINA FARIZAH BAB I, V DAN LAMP_1 (Done).PDF

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Masih adanya praktik indoktrinasi dalam dunia pendidikan Islam yang menganggap peserta didik sebagai bejana kosong dan dapat dicetak secara seragam sesuai dengan keinginan guru mengakibatkan peserta didik tidak dapat mengembangkan kreativitas dan tidak kritis dalam mengahadapi perkembangan zaman. Untuk mengurangi hal tersebut maka demokrasi pendidikan Islam perlu dipraktikkan dalam proses pendidikan yaitu pendidikan yang memanusiakan manusia dengan memunculkan potensi peserta didik Sehingga bisa menghasilkan peserta didik yang kritis dan kreatif. Ada tiga persoalan yang dikaji dalarn skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana pengertian demokrasi pendidikan Islam perspektif Fazlur Rahman (2) Bagaimana tujuan demokrasi pendidikan Islam menurut Fazlur Rahman (3) Bagaiman prinsip pelaksanaan demokrasi pendidikan Islam menurut Fazlur Rahman. Tujuan Penelitian: untuk mengetahui pengertian demokrasi pendidikan Islam menurut Fazlur Rahman, untuk mengetahui tujuan demokrasi pendidikan Islam menurut Fazlur Rahman, untuk mengetahui prinsip pelaksanaan demokrasi pendidikan Islam menurut Fazlur Rahman. Kegunaan Penelitian: menambah khazanah ilmu pengetahuan khususnya dalam membuka lebih luas jendela Wawasan berkaitan dengan demokrasi pendidikan Islam, sebagai bahan masukan bagi dunia pendidikan bahwa demokrasi pcndidikan Islam sangat penting dalam mengembangkan potensi peserta didik. Persoalan tersebut, dikaji dengan menggunakan metode kualitatif. Surnber data diperoleh melalui dokumentasi. Teknis analisisnya menggunakan deskriptif. Dari hasil penelitian ini menyimpulkan: Pertama, Pengertian demokrasi pendidikan Islam menurut Fazlur Rahman adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan mengembangkan kebebasan kreativitas peserta didik. Kedua, Tujuan demokrasi pendidikan Islam menurut Fazlur Rahman adalah untuk mengembangkan potensi peseita didik sehingga bisa menjadi pribadi yang kritis dan kreatif. Ketiga, Prinsip dalam pelaksanaan demokrasi pendidikan Islam menurut Fazlur Rahman menggunakan andragogi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Demokrasi Pendidikan Islam, Perspektif Fazlur Rahman
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:13
Last Modified: 17 Jul 2023 08:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3339

Actions (login required)

View Item View Item