lmplementasi Pendidikan Karakter bagi Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas Klas 11 A Pekalongan

Rahmawati, Fitriani. (2015) lmplementasi Pendidikan Karakter bagi Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas Klas 11 A Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
232108466 FITRIYANI ROHMAWATI BAB I - V DAN LAMP .PDF

Download (5MB)
[img] Text
232108466 FITRIYANI ROHMAWATI FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Lembaga pemasyarakatan bukanlah sekedar tempat untuk melaksanakan hukuman bagi para narapidana, akan tetapi lembaga pemasyarakatan mempunyai tugas berat, yaitu bagaimana mengembalikan orang• orang yang dijatuhi hukuman, dalam hal ini disebut sebagai Warga Binaan Pemsyarakatan (WBP) ke tengah-tengah masyarakat sebagai individu yang bebas dan beranggungjawab. Oleh karena itu pendidikan karakter di lapas menjadi sangat dibutuhkan untuk membantu proses rehabilitasi dan reintegrasi sosial agar para warga binaan merniliki bekal ilmu yang baik setelah menghirup udara bebas, dan tidak lagi melakukan tindak pidana dan kembali menjadi warga masyarakat yang bertanggung jawab. Rumusan masalah penelitiannya adalah bagaimana konsep pendidikan karakter bagi warga binaan pemasyarakatan, dan bagaimana implementasi pendidikan karakter bagi warga binaan pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan konsep pendidikan karakter dan implementasi pendidikan karakter bagi warga binaan pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Klas UA Pekalongan. Basil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan informasi dan pertimbangan dalam upaya penerapan pembinaan maupun pengembangan pendidikan karakter bagi warga binaan pemasyarakatan di lembaga pemasyarakatan. Penelitian iru menggunakan pendekatan kualitatif, mendeskripsikan fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi atau pemikiran orang yang dilakukan secara individual maupun kelompok. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di kancah atau tempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data-data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptifanalitik dengan pola berpikir induktif. Hasil penelitian diperoleh bahwa Dalam konsep pembinaan warga binaan pemasyarakatn yang ada di lapas Klas 11 A Pekalongan, sudah memuat 18 nilai pendidikan budaya dan karkter bangsa sebagaimana yang dikembangkan oleh kementrian pendidikan nasional yang meliputi Religius; jujur; toleransi; disiplin; kerja keras; kreatif; mandiri; demokratis; rasa ingin tahu; semangat kebangsaan; cinta tanah air; menghargai prestasi; bersahabat/komunikatif; cinta damai; gemar membaca; peduli lingkungan; peduli sosial; dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorTa'rifin, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter- Warga Binaan Pemasyarakatan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:05
Last Modified: 26 Jul 2023 02:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3344

Actions (login required)

View Item View Item