Rizqiana, Yuli Dwi (2015) Pengaruh keikutsertaan pelatihan terhadap peningkatan kompetensi profesional guru di SMA Islam YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Other (Thesis)
2021211004 YULI DWI RIZQIANA BAB I, V DAN LAMP.PDF Download (7MB) |
|
Other (Thesis)
2021211004 YULI DWI RIZQIANA FULL TEXT.PDF Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
Kebijakan pendidikan yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga perlu menjadi acuan para kepala sekolah yang menginginkan penca ian keunggulan sekolah dan mewajibkan guru memiliki kualifikasi akademik, kompetensi dan sertifikat pendidik. Kegiatan pelatihan bagi guru merupakan suatu bagian yang integral manajemen dalam bidang pendidikan di sekolahan dan upaya untuk mengemban an pengetahuan dan keterampilan guru, sehingga pada gilirannya diharapkan para guru dapat memperoleh keunggulan kompetitifdan dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya. Adapun yang menjadi perumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana keikutsertaan pelatihan guru di SMA Islam YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, bagaimana kompetensi profesional guru di SMA Islam Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, bagaimana pengaruh keikutsertaan pel tihan terhadap peningkatan kompetensi profesional guru di SMA Islam YMl Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pe aan pelatihan guru di SMA Islam YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, untuk mengetahui dan mendiskripsikan kompetensi-kompetensi mengajar guru di SMA Islam YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, untuk mengetahui keikutsertaan pelatihan terhadap peningkatan kompetensi profesional guru di SMA Islam YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah pat memberikan pengalaman yang berguna sebagai bekal calon guru dalam meningkatkan kompetensi profesional guru melalui kegiatan pelatihan guru, dan dapat memberi masukan dan koreksi dalam peningkatan kompetensi profesional melalui pen keikutsertaan pelatihan guru terhadap peningkatan kompetensi profesional guru di Islam YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif angkan Jenis penelitian adalah penelitian lapangan. Dimana penulis mengungkap populasi yang diteliti berupa guru SMA Islam YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan 20 orang. Sedangkan Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, angket dan dokumentasi. Sementara teknik analis datanya menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini adalah l) keikutsertaan pelatihan termasuk dalam kategori kurang hal ini berdasarkan nilai rata-rata angket tentang keikutsertaan latihan adalah 21,3 pada interval 20-22 prosentase 15%. 2) peningkatan kompetensi p fesional guru di SMA Islam YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan termasuk dalam tegori kurang. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata angket adalah 21,2, pada interval 22 prosentase 30%. Keikutsertaan pelatihan mempunyai pengaruh yang kurang signifikan terhadap peningkatan kompetensi profesional guru. Ini dapat dibuktikan hasil nilai ttest 1,352 < ttabel dengan taraf kesalahn 5%, maka Ho ditolak, Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pelatihan, Kompetensi Profesional Guru | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2023 08:39 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2023 08:39 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3351 |
Actions (login required)
View Item |