Pelaksanaan pendidikan inklusi pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP N 10 Pekalongan

Ilmanafia, Naila (2015) Pelaksanaan pendidikan inklusi pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP N 10 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111184 NAILA ILMANAFIA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (25MB)
[img] Text
2021111184 NAILA ILMANAFIA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (32MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pada umumnya, lokasi sekolah SLB berada di Ibu kota/Kabupaten, padahal anak-anak berkebutuhan khusus tersebar hampir di seluruh wilayah kota/kabupaten. Akibatnya sebagian dari mereka tidak menerima pendidikan yang layak atau putus sekolah, karena lokasi SLB yang jauh, kemampuan ekonomi lemah dan pada sekolah reguler tidak memiliki guru pembimbing khusus sehingga tidak mampu melayani. Permasalahan di atas dapat berakibat pada kegagalan program wajib belajar. Untuk mensukseskan wajib belajar pendidikan dasar, dipandang perlu meningkatkan perhatian terhadap anak berkebutuhan khusus. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pendidikan inklusi pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP N 10 Pekalongan?apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan inklusi pada mata pelajaran pendidikan agama islam bagi anak berkebuthan khusus di SMP N 10 Pekalongan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan inklusi pada mata pelajaran pendidikan agama islam bagi anak berkebuthan khusus di SMP N 10 Pekalongan. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan teknik analisis induktif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dansumbe data sekunder. Hasil pemantauan tentang evaluasi pelaksanaan pembelajaran PAI bagi ABK adalah melalui pemantauan secara terus menerus terhadap kemajuan dan kemunduran belajar anak. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pendidikan inklusi pada mata pelajaran pendidikan agama islam antara lain: 1) dukungan orang tua siswa, 2) guru selalu mengajar dengan sabar 3) latar belakang pendidikan guru yang sudah sesuai 4) didukung oleh komite sekolah 5) sekolah inklusi didukung oleh pemerintah kota Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuniroh, Siti MumunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Inklusi, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 17 Jul 2023 09:51
Last Modified: 17 Jul 2023 09:51
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3352

Actions (login required)

View Item View Item