Peran guru dalam proses pengembangan kecerdasan spritual siswa di MI Walisongo Pekajangan

Adiralana, Khairul (2016) Peran guru dalam proses pengembangan kecerdasan spritual siswa di MI Walisongo Pekajangan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211005 KHAIRUL ADIRALANA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (8MB)
[img] Other (Thesis)
2021211005 KHAIRUL ADIRALANA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pada saat ini banyak pelajar maupun anak diusia pelajar kehilangan jati dirinya dan lemah imannya sehingga melakukan perbuatan yang tidak berakhlak. selain itu masalah yang banyak muncul dari siswa yaitu kurangnya rasa simpati maupun empati yang menjadikan siswa memiliki sikap egois tinggi, lain dari itu siswa sekarang banyak yang belum atau bahkan tidak menyadari bahwa segala yang mereka punya merupakan karunia tuhan yang patut untuk disyukuri. Siswa juga tidak menyadari bahwa sebenarnya ibadah merupakan sarana pengungkapan rasa syukur terhadap tuhan. Tidak hanya dipandang sebagai kewajiban yang harus digugurkan. Karena banyak siswa yang melakukan shalat alau ibadah lainnya hanya untuk menggugurkan kewajiban. Penelitian ini muncul permasalahan tentang bagaimana peran guru dalam proses pengembangan kecerdasan spiritual siswa di MI Walisongo Pekajangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran guru dalam mengembangkan kecerdasan siswa. Kemudian kegunaan dari penelitian ini terbagi menjadi dua sudut pandang, yang pertama secara teoritis, yang kedua secara praktis. Selanjutnya penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif yaitu metode postpositivistik karena berlandaskan filsafat postpositivisme. digunakan untuk meneliti pada obyek alamiah, (sebagai iawanya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowbaal, teknik pengumpulan dengan trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat deduktif dan induklif. dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi dan jenis penelitan lapangan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah guru mempunyai peran penting terhadap perkembangan kecerdasan spiritual siswa. Dan dalam penelitan yang dilakukan peran guru di MI Walisongo pekajangan sudah cukup maksimal walaupun masih banyak kendala maupun kelemahan. kesimpulan yang dapat diambil yaitu bahwa selain peran guru yang memang sangat penting dibutuhkan juga peran orang tua dan lingkungan sekitar agar kecerdasan spiritual yang dimiliki lebih tumbuh dan berkembang dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuslih, MohUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Kecerdasan Spiritual
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:23
Last Modified: 18 Jul 2023 02:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3356

Actions (login required)

View Item View Item