Pemikiran K.H. Abdurrahman Wahid tentang pendidikan islam multikultural

Pujiati, Emi (2015) Pemikiran K.H. Abdurrahman Wahid tentang pendidikan islam multikultural. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211018 EMI PUJIATI BAB I - V DAN LAMP .PDF

Download (4MB)
[img] Other (Thesis)
2021211018 EMI PUJIATI FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Wawasan Gus Dur tentang ajaran Islam demikian komprehensif dan mendalam (kaffah), sehingga sangat menghargai pluralisme (kemajemukan). Gus Dur tidak membedakan satu individu dengan individu yang lain atau kelompok satu dengan kelompok lainnya. Perbedaan etnik, bangsa, warna kulit, bahasa, profesi, hobi, bahkan agama merupakan suatu keniscayaan yang harus dihormati, dihargai, dan tidak perlu dijadikan kendala dalam pergaulan antar umat manusia. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana pemikiran K.H. Abdurrahman Wahid tentang pendidikan Islam multikultural studi kajian analisis dalam buku Islamku Islam Anda Islam Kita, Agama Masyarakat Negara Demokrasi? Dan nilai-nilai multikultural apa saja yang terdapat dalam pemikiran K.H. Abdurrahman Wahid tentang pendidikan Islam multikultural studi kajian analisis dalam buku Islamku Islam Anda Islam Kita, Agama Masyarakat Negara Demokrasi? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemikiran K.H. Abdurrahman Wahid tentang pendidikan Islam multikultural dan nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam pemikiran K.H. Abdurrahman Wahid tentang pendidikan Islam multikultural studi kajian analisis dalarn buku Islamku Islam Anda Islam Kita, Agama Masyarakat Negara Demokrasi. Kegunaannya, secara teoretis dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan khususnya dalam membuka lebih luas jendela wawasan berkaitan dengan pendidikan Islam multikultural dan sebagai bahan masukan bagi dunia pendidikan bahwa pendidikan Islam multikultural sangat penting dalam mengembangkan proses identifikasi terhadap budaya, suku bangsa, dan masyarakat global. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya yaitu studi pustaka (library research). Sumber datanya terdiri sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan studi dokumen. Sedangkan analisis datanya menggunakan content analysis yaitu suatu usaha untuk mengumpulkan data dan menyusun suatu data kemudian diadakan analisis dan menginterpretasikan data tersebut Hasil penelitian ini yaitu bahwa pemikiran K.H. Abdunahman Wahid tentang pendidikan Islam multikultural dalam bukunya "Islamku Islam Anda Islam Kita, Agama Masyarakat Negara Demokrasi" adalah bahwa pendidikan Islam haruslah beragam, mengingat kondisi sosial masyarakat antara daerah yan satu dengan yang lain mempunyai perbedaan yang sangat tajam. tJntÆ membangun pendidikan seeara holistik-komprehemsif perlu adanya kematangan konsep dalam alur pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang berbeda ragam suku dan budayanya. Untuk itu, perlu adanya pendidikan Islam yang bercorak pluralitas dengan tetap mengaeu pada nilai-nilai yang tetap bersandar pada al Quran dan al Hadits. Nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam pemikiran K.H. Abdurrahman Wahid tentang pendidikan Islam multikultural dalam bukunya "Islamku Islam Anda Islam Kita, Agama Masyarakat Negara Demokrasi" yaitu antara lain nilai keikhlasan, kemanusiaan kebersamaan, kesejahteraan, mengakui pluralitas dan heterogenitas, dan anti hegemoni dan anti dominasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMustakim, ZaenalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam Multikultural
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:58
Last Modified: 18 Jul 2023 07:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3379

Actions (login required)

View Item View Item