Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan promosi terhadap minat menabung siswa tingkat SMA swasta kecamatan Buaran (studi kasus pada produk SIMPEL BMT MATRA cabang Pekalongan)

Senja, Ayu Putri (2015) Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan promosi terhadap minat menabung siswa tingkat SMA swasta kecamatan Buaran (studi kasus pada produk SIMPEL BMT MATRA cabang Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2013110015 AYU PUTRI SENJA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (24MB)
[img] Text
2013110015 AYU PUTRI SENJA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (44MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Faktor mahalnya biaya pendidikan dari mulai TK sampai Perguruan Tinggi membuat masyarakat kurang mampu tidak memiliki pilihan lain kecuali untuk tidak bersekolah. Menabung adalah tindakan yang dianjurkan, karena dengan menabung berarti seseorang mempersiapkan diri untuk pelaksanaan perencanaan masa yang akan datang sekaligus untuk menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan. BMT adalah tempat yang bisa dijadikan untuk menyimpan dana selain bank. Di BMT MATRA terdapat produk SIMPEL menggunakan akad mudharabah, produk tersebut ditujukan untuk pelajar. Produk, kualitas pelayanan, dan promosi dijadikan penulis sebagai variabel independent karena diduga berpengaruh terhadap minat menabung yang merupakan variabel dependent. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan data kuantitatif dan statistik. Teknik pengumpulan datanya dengan cara kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji instrumen yaitu dengan uji validitas dan uji reliabilitas, kemudian uji asumsi klasik, analisis regresi berganda serta uji hipotesis yang digunakan adalah uji t secara parsial dan uji F secara simultan dengan taraf signifikansi kurang dari 55 (0,05), serta uji koefisien determinasi (R2). Dari hasil analisis data dengan uji t (parsial) menunjukkan bahwa produk tidak berpengaruh terhadap minat dengan signifikansi lebih dari 5% yaitu sebesar 0,993, kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat menabung siswa dengan signifikansi kurang dari 5% yaitu 0,001, dan promosi tidak berpengaruh terhadap minat menabung siswa dengan signifikansi lebih dari 5% yaitu 0, 106. Berdasarkan hasil uji F (simultan) dapat disimpulkan bahwa produk, kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh terhadap minat menabung siswa, hal ini berdasarkan perhitungan nilai signifikansi uji F lebih kecil dari taraf signifikansi sebesar 5% yaitu 0,02. Kemampuan untuk memprediksi variabel independent terhadap variabel dependent adalah sebesar 12,9% yang ditunjukkan oleh besarnya Adjusted R Square sebesar 12,9% sedangkan sisanya 87,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMa'shum, M. HafidzUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: kualitas produk, kualitas pelayanan, promosi, dan minat menabung
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:23
Last Modified: 18 Jul 2023 08:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3380

Actions (login required)

View Item View Item