Inayah, Tsuwaibah Ummul (2016) Kompetensi sosial guru PAI dalam menjalin komunikasi siswa kelas VIII di SMP Muhammadiya Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Text
2021111186 TSUWAIBAH UMMUL INAYAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (22MB) |
|
Text
2021111186 TSUWAIBAH UMMUL INAYAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (7MB) |
Abstract
Guru adalah orang yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan dengan sasaran peserta didik, guru sebagai pendidik harus memiliki beberapa kompetensi salah satunya adalah kompetensi sosial. Dengan adanya kompetensi sosial yang dimiliki oleh guru maka komunikasi yang efektif pun akan terjalin antara guru dan siswa. Dalam pembelajaran PAI (Tarikh) di SMP Muhammadiyah Pekalongan misalnya, guru tarikh menjalankan komunikasi yang baik dengan siswa, baik berupa penyampaian gagasan, materi pelajaran, ataupun tentang kondisi siswa. Adanya komunikasi antar guru tarikh dengan siswa ini membuat siswa merasa nyaman dan tidak enggan untuk menyampaikan pendapat, keinginan ataupun permasalahan kepada guru. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan masalah yaitu bagaimana kompetensi sosial guru PAI di SMP Muhammadiyah Pekalongan dan bagaimana komunikasi antara guru PAI dengan siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi sosial dar iguru PAI dan komunikasi antara guru PAI dengan siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data yang diperlukan digali dengan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data menggunakan analisis deskriptif melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa guru PAI di SMP Muhammadiyah Pekalongan mempunyai kompetensi sosial yang baik sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru. Komunikasi yang terjalin antara guru PAI dan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Pekalongan termasuk kategori baik. Bisa dilihat dari guru tarikh yang memenuhi hal-hal yang harus diperhatikan oleh seorang guru dalam menjalin komunikasi dengan siswa diantaranta respect, empathy, audible, clarity, dan humble.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Guru, Kompetensi Sosial, Komunikasi | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Rosi Rosi | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2023 08:44 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2023 08:44 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3382 |
Actions (login required)
View Item |