Rohmah, Irodatur (2013) Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan corporate sosial responsibility (csr) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode tahun 2010-2012. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.
Text (Thesis)
201309063 IRODATUR ROHMAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (13MB) |
|
Text (Thesis)
201309063 IRODATUR ROHMAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (26MB) |
Abstract
Salah satu isu penting dalam pasar modal adalah mengenai pengungkapan laporan keuangan, tuntutan pengungkapan laporan keuangan selalu berubah seiring dengan perkernbangan pasar modal. Informasi lainnya selain laba yang dapat digunakan untuk investor sebagai dasar pengambilan keputusan adalah pengungkapan CSR. Melalui pengungkapan CSR, perusahaan tidak lagi dihadapkan pada tanggung jawab yang berbijak pada single bottom line, yaitu nilai perusahaan yang direflesikan dalam kondisi keuangan saja, namun perusahaan juga harus pada triple bottom lines yang meliputi financial, sosial dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik perusahaan sebagai variabel independen dengan menggunakan variabel ukuran perusahaan (size), leverage yang diproksikan dengan Debt to Equity Rasia (DER), profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Asset (ROA), dan pertumbuhan perusahaan (growth) terhadap Corporate Sosial Responsibility diukur berdasarkan Corporate Sosial Disclosure Index (CSDI) sebagai variabel dependen. Penelitian ini merupakan penelitian model kuantitattif dengan menggunakan metode analisis regresi berganda untuk mengetahui arah dan pengaruh variabel dependen dan variabel independen. Analisis regresi berganda dilakukan selama periode 2010-2012 yaitu pada 11 perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan (size), leverage, profitabilitas, dan pertumbuhan perusahaan (growth), mampu mempengaruhi pengungkapan CSR sebesar 5,9% yang terlihat dari nilai adjusted R square dan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak termasuk dalam model. Dengan tingkat adjusted R square yang sangat kecil maka dapat disimpulkan bahwa karakteristik perusahaan tidak mampu mempengaruhi pengungkapan CSR. Size mempunyai thitung sebesar 1,135 dan memiliki t tabel 2,0484. Karena nilai t hitung lebih kecil dari t tabel yaitu 1,135 < 2,0484 maka, variabel size secara parsial tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Leverage mempunyai t hitung sebesar 0,639 dan memiliki t tabel 2,0484. Karena nilai t hitung lebih kecil dari t1abel yaitu 0,639 < 2,0484 maka, variabel leverage secara parsial tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | sizeleverage, profitabilitas, growth, dan pengungkapan CSR | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
Date Deposited: | 20 Jul 2023 04:31 | ||||||||
Last Modified: | 20 Jul 2023 04:31 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3394 |
Actions (login required)
View Item |