Persaingan pengusaha ikan asin di Pekalongan dalam perspektif etika bisnis islam

Al-Imron, Wahid (2016) Persaingan pengusaha ikan asin di Pekalongan dalam perspektif etika bisnis islam. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
201309094 WAHID AL-IMRON BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (10MB)
[img] Text (Thesis)
201309094 WAHID AL-IMRON BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (35MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Bisnis mendapatkan kedudukan yang penting dalam perekonomian Islam. Rasulullah sangat menghargai harga yang dibentuk oleh pasar sebagai harga yang adil, produk/barang yang diproduksi sesuai dengan etika bisnis Islam serta pelayanan yang didasari oleh sikap pelayanan yang terbaik. oleh karena itu, Islam menekankan adanya moralitas seperti persaingan yang sehat, dengan beberapa prinsip etika bisnis Islam yaitu Keesaan, Keseimbangan, Kehendak bebas, Tanggungjawab dan Kebenaran. Implementasi prinsip-prisip tersebut menjadi sebuah keharusan bagi setiap pengusaha atau pelaku bisnis. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis memilih persaingan pengusaha ikan asin di Pekalongan sebagai obyek penelitian. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana kondisi persaingan pengusaha ikan asin di Pekalongan? dan bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap persaingan usaha ikan asin di pekalongan tersebut?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persaingan pengusaha ikan asin di Pekalongan dan ditinjau dari perspektif etika bisnis Islam. Manfaat penelitian secara teoritis dan praktis untuk menambah pengetahuan tentang persaingan usaha dan etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kasus (case study). Subjek penelitian ini adalah pengusaha ikan asin di Kota Pekalongan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer dari wawancara dan observasi yang telah dilakukan kepada delapan pengusaha ikan asin, karyawan dan pembeli. Data sekunder dari dokumentasi berupa buku-buku atau literatur pustaka yang berhubungan dengan persaingan usaha dan prinsip-prinsip etika bisnis Islam dari kajian pustaka dan basil penelitian yang relevan dari penelitian terdahulu.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat tiga jenis persaingan yaitu persaingan harga, persaingan produk, persaingan pelayanan. Dari penelitian ini terdapat beberapa pengusaha yang terbukti tidak sesuai dan sesua etika bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persaingan, etika bisnis Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:55
Last Modified: 25 Jul 2023 07:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3413

Actions (login required)

View Item View Item