Upaya guru dalam menanamkan akhlak islami peserta didik di TK Musljmat NU

Amalia, Ikani Indri (2015) Upaya guru dalam menanamkan akhlak islami peserta didik di TK Musljmat NU. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211034 IKANI INDRI AMALIA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (10MB)
[img] Other (Thesis)
2021211034 IKANI INDRI AMALIA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pentingnya pendidikan anak usia dini juga dibentuk untuk menjadikan peserta didik mempunyai akhlak yang baik. Pendidikan akhlak memang harus diterapkan kepada peserta didik sedini mungkln. Pendidikan akhlak diterapkan untuk membiasakan sikap atau perilaku peserta didik agar sesuai dengan norma keagamaan, Akhlak sendiri memiliki pengertian yaitu kata akhlak berasala dari bahasa arab, yaitu budi pekerti, perangai, tingkah laku, tata krama, sopan şantun, adab, dan tindakan. Kata akhlak juga beraşal dari kata "khalaqa" yang artinya kejadian, serta erat hubungannya dengan "khaliq” yang artinya menciptakan, tindakan atau perbuatan_ Rumusan masalah pada penelitian Ini adalah bagaimana upaya guru dalam menanamkan akhlak Islami peserta didik di TK Muslimat NU Panjunan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang? Faktor apa şaja yang mendukung dan menghambat upaya guru dalam menanamkan akhlak Islami peserta didik di TK muslimat NU Panjunan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang? Tujuan penelitian Ini adalah Untuk mengetahui upaya guru dalam menanamkan akhlak Islami peserta didik di TK Muslimat NU Panjunan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat upaya guru dalam menanamkan akhlak Islami peserta didik di TK mulimat NU Panjunan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Jenis pene[itian Ini menggunakan studi lapangan (field research, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Sedangkan unluk metode pengumpulan datadalam peneiitian Ini adalah Interview, dokumentasi dan wawancara. Adapurı dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian Ini menunjukkan bahwa pertama, upaya guru dalam menanamkan akhlak Islami peserta didik memberikan materi-materi yang bersifat mendidik seperti menceritakan kisah-kisah nabi dan rasul, bernyanyi lagu-lagu keagamaan, berşyair tentang Islam, dan praktek (Ibadah, wudhu, dan doa harian), selain Itu membaca asınaul husna dan surat-surat pendck juga salah satu upaya guru dalam menanamkan akhlak Islami peseıla didik Kedua, tâktor yang mendukung sepetli ketersediaannya buku RKM, buku panduan, adanya dukungan dari semua pihak baik guru, dan orang tua serta lingkungan dan faktor penghambatnya adalah sepeli kurang şosialisasinya dari Kemeııag unluk menyampaikan materi, kurangnya minat dari peserta didik. Malas dan sibuk dengan dunia anak şendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Akhlak Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:52
Last Modified: 26 Jul 2023 03:52
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3418

Actions (login required)

View Item View Item