Pengaruh bimbingan orang tua terhadap pembentukan kepribadian peserta didik SD Muhammadiyah 03 Panjunan Petarukan Pemalang

Muafiyah, Lestari Hayatul (2015) Pengaruh bimbingan orang tua terhadap pembentukan kepribadian peserta didik SD Muhammadiyah 03 Panjunan Petarukan Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211037 LESTARI HAYATUL MUAFIYAH BAB I - V DAN LAMP FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] Other (Thesis)
2021211037 LESTARI HAYATUL MUAFIYAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (7MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh proses perlakuan atau bimbingan orang tua terhadap anak dalam mengenalkan berbagai aspek kehidupan sosial atau norma-norma kehidupan bermasyarakat serta mendorong dan memberikan contoh kepada anaknya bagaimana menerapkan norma-norma tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Positif negatifnya kepribadian anak tergantung pada bimbingan keluarga yang diterapkan pada anaknya. Banyak anak yang mengalami tindakan penyimpangan akibat tidak adanya penaungan, pola asuh, dan bimbingan dari keluarganya, khususnya penyimpangan mental dan pembentukan kepribadian. Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah Bagaimana bimbingan orang tua peserta didik SD Muhammadiyah 03 Panjunan Petarukan Pemalang? Bagaimana kepribadian peserta didik SD Muhammadiyah 03 Panjunan Petarukan Pemalang? Bagaimana pengaruh bimbingan orang tua terhadap pembentukan kepribadian peserta didik SD Muhammadiyah 03 Panjunan Petarukan Pernalang?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bimbingan orang tua, kepribadian peserta didik, dan untuk mengetahui pengaruh bimbingan orang tua terhadap pembentukan kepribadian peserta didik SD Muhammadiyah 03 Panjunan Petarukan Pemalang. Sedangkan kegunaannya adalah Secara praktis penelitian ini diharapkan berguna bagi orang tua di SD Muhammadiyah 03 Panjunan agar dapat menerapkan bimbingan yang tepat pada anaknya yang memiliki pengaruh terhadap perkembangan kepribadian anaknya. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digu_nakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, dokumentasi, dan angket. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan rumus regresi liniear sederhana. Berdasarkan pada analisis yang telah dibuat, maka penulis menyimpulkan bahwa: Pertama, Bimbingan orang tua peserta didik SD Muhammadiyah 03 Panjunan Petarukan Pemalang adalah Sangat baik. Kedua, Kepribadian peserta didik SD Muhammadiyah 03 Panjunan Petarukan Pemalang adalah sangat baik. Ketiga, Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pengaruh bimbingan orang tua terhadap pembentukan kepribadian peserta didik SD Muhammadiyah 03 Panjunan Petarukan Pemalang. Setelah dilakukan perhitungan dengan rumus regresi didapatkan hasil = 0,840 dengan N = 22. Pada tingkat signifikan 1% nilai = 0,561 maka ttcs > ttabet = 0,840 > 0,561. Sedangkan pada tingkat signifikan 5% nilai tubel = 0,444 maka > — 0,840 > 0,444, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pengaruh bimbingan orang tua terhadap pembentukan kepribadian peserta didik SD Muhammadiyah 03 Panjunan Petarukan Pemalang. Maka hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorKhumaedy, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Orang Tua, Kepribadian, Peserta Didik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:06
Last Modified: 26 Jul 2023 04:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3419

Actions (login required)

View Item View Item