Motivasi siswa belajar pendidikan agama islam di SMP Negeri 6 Petarukan

Setyaningrum, Arum Dwi (2015) Motivasi siswa belajar pendidikan agama islam di SMP Negeri 6 Petarukan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211038 ARUM DWI SETYANINGRUM BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
[img] Other (Thesis)
2021211038 ARUM DWI SETYANINGRUM BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (10MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Banyak penelitian menunjukkan bahwa keyakinan kemampuan diri murid berkaitan dengan motovasinya. Murid yang merasa percaya diri untuk belajar dan berkinerja baik disekolah mencari tantangan, berusaha memelajari materi baru, dan bersikap gigih pada tugas yang sulit. Jika kita menghubungkan berbagai temuan ini dengan salah satu diantara beberapa teori motivasi yang menitikberatkan peran persepsi kemampuan pada motivasi, maka kita melihat bagaimana keyakinan tersebut dimasukan ke dalam suatu kerangka acuan umum teori motivasi, dan kita memiliki suatu ide yang lebih baik tentang faktor-faktor yang memengaruhi berbagai keyakinan dan cara berbagai keyakinan tersebut memengaruhi motivasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana motivasi siswa belajar PAI di SMP Negeri 6 Petarukan?; dan (2) Faktor-faktor apa yang mempengaruhi motivasi siswa belajar PAI di SMP Negeri 6 Petarukan? Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui (1) Motivasi siswa belajar PAI di SMP Negeri 6 Petarukan; dan (2) Faktor-faktor mempengaruhi motivasi siswa belajar PAI di SMP Negeri 6 Petarukan. Adapun kegunaan peneliti ini diharapkan dapat memberi sumbangan wacana keilmuan dan pengetahuan khususnya bidang pendidikan yaitu tentang Motivasi Siswa Belajar Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan, di mana penelitian yang digunakan adalah kancah kehidupan yang sebenamya. Sedangkan pendekatannya dengan kuantitiaf satu variabel yaitu suatu pendekatan dalam penelitian yang menekankan analisisnya pada penarikan kesimpulan dengan perhitungan statstik atau angka. Metode atau teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis kuantitatif dengan melakukan analisis kesmpulan dari hasil prosentasi dan skala penskoran. Motivasi siswa belajar pendidikan agama Islam (PAI) di SMP Negeri 6 Petarukan dengan sampel dari masing-masing kelas VII dengan rata-rata 57, I . VIII dengan rata-rata 70,6 dan IX dari jumlah rata-rata 70, 9 apabila digabungkan masuk dalam kategori sedang. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa belajar pendidikan agama Islam di SMP Negeri 6 Petarukan secara umum terbagi dalam dua faktor besar, yaitu faktor internal: (1) Kondisi kepribadian siswa yang belum sepeuhnya menyadari akan pentingnya pendidikan agama Islam bagi kebutuhan hidup mereka; (2) Dukungan orang tua kepada anak untuk belajar pendidikan agama Islam masih minim; (3) Pengembangan cara pembelajaran dan sugesti-sugesti berupa keteladanan masih belum begitu terlihat. Adapun faktor eksternal: (1) Lingkungkan pergaulan siSwa di SMP Negeri 6 Petarukan yang kurang mendukung iklim religius; (2) Kurangnya kepedulian pihak-pihak terkait; dan (3) Sarana prasarana yang menunjang kegiatan belajar pendidikan agama Islam di SMP Negeri 6 Petarukan bagi para siSwa yang belum optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi Siswa, Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:21
Last Modified: 26 Jul 2023 04:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3421

Actions (login required)

View Item View Item