Respon masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terhadap pendidikan wajib belajar sembilan tahun

Listiyono, Muhammad (2015) Respon masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terhadap pendidikan wajib belajar sembilan tahun. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211057 MUHAMMAD LISTIYONO BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (15MB)
[img] Other (Thesis)
2021211057 MUHAMMAD LISTIYONO BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (33MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan adalah salah Satu desa Yang berada di Kecamatan Bojong dengan karakteristik masyarakatnya adalah masyarakat asli desa tersebut artinya sedikit orang pendatang Yang bermukim di desa tersebut. Hal ini menyebabkan tingkat ekonomi masyarakat Desa Karangsari kurang berkembang sehingga mayoritas masyarakat Desa Karangsari hidup dalam kekurangan, ditambah lagi mayoritas masyarkaat Desa Karangsari bermata pencaharian sebagai buruh tani. Hal ini menimbulkan respon bahwa lebih baik bekerja dari pada menuntut ilmu Yang tinggi, karena dengan bekerja maka kebutuhan hidup mereka akan tercukupł bila dibandingkan harus mengeluarkan uang untuk bersekolah. Rumusan masalah dalam tmelitian ini adalah (l) Bagaimana respon masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terhadap pendidikan wajib belajar sembilan tahun? (2) Faktor apa Saja Yang mempengaruhi respon masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terhadap pendidikan wajib belajar sembilan tahun?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui respon masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terhadap pendidikan wajib belajar sembilan tahun dan untuk mengetahui faktor apa Yang mempengaruhi respon masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terhadap pendidikan wajib belajar sembiîan tahurł Kegunaan penelitian dapat memberikan pengetahuan Yang luas kepada masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan tentang arti pentingnya pendidikan bagi anak-anak mereka. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan Yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Respon masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terhadap pendidikan wajib belajar sembilan tahun ada 2 (dua) yakni: pertama, respon positif dari masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terhadap pendidikan wajib belajar sembilan tahun Yang menganggap pendidikan pada anak adalah penting Kedua, respon negatif dari masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terhadap pendidikan wajib belajar sembilan tahun Yang menganggap pendidikan pada anak tidak begitu penting dan lebih mengutamakan untuk bekerja. Kedua, Faktor Yang mempengarui respon masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terhadap pendidikan wajib belajar sembilan tahun adalah faktor sosia! Ekonomi orang tua, faktor lingkungan, rendaknya motivasi orang tua dan anak untuk bersekolah, faktor jumlah anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Respon Mgsyarakat, Pendidikan, Wajib Belajar Sembilan Tahun
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:27
Last Modified: 27 Jul 2023 03:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3432

Actions (login required)

View Item View Item