Khoiriyah, Khoiriyah (2015) Studi komparasi prestasi belajar mata pelajaran bahasa arab antara peserta didik yang mnetap di asrama dengan pesrta didik yang tidak menetap di asrama di MTS Terpadu Gondang Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Other (Thesis)
2021211059 KHOIRIYAH BAB I - V DAN LAMP FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (17MB) |
|
Other (Thesis)
2021211059 KHOIRIYAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (9MB) |
Abstract
Perkembangan dunia pendidikan di Indonesia Saat ini sangatlah pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya bermunculan sekolah-sekolah swasta baik yang berskala nasional hingga sekolah yang berskala internasional. Seiring dengan derasnya tantangan global, tantangan dunia pendidikan pun menjadi semakin besar, hal ini yang mendorong para siSwa mendapatkan prestasi terbaik. Memasuki era globalisasi ini, muncullah lembaga pendidikan yang menerapkan sistem sekolah berasrama atau "boarding school atau yang sering kita dengar dengan nama pesantren modern" yang memadukan sistem pesantren dan sekolah urnum, dari segi religiusitas, boarding school menjanjikan pendidikan yang seimbang antara kebutuhan jasmani dan ruhani, intelektual dan spiritual. Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah prestasi belajar mata pelajaran bahasa arab peserta didik yang menetap di asrama (boarding school)? Bagaimanakah prestasi belajar mata pelajaran bahasa arab peserta didik yang tidak menetap di asrama (laju)?Bagaimana perbandingan prestasi belajar yang diraih antara peserta didik yang menetap di asrama (boarding school) dan peserta didik yang tidak menetap di a.srama, di Mts Terpadu Gondang, wonopringgo?Kegunaan dari penelitian ini adalah untuk ikut memberikan sumbangsih dalam meningkatkan kualitas pendidikan agar mampu menjadikan pendidikan di swasta memiliki kualitas setara dengan sekolah negeri sehingga mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan manusia melalui IWrAQ DAN IPTEK. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi,pengamatan dan dokurnent, tidak menggunakan metode angket karena disini lebih menekankan pada dokument berupa nilai ujian bahasa arab tengah semester (UTS Genap) peserta didik kelas VII yang menetap di asrama dengan yang tidak menetap di asrama, tahun ajaran 2014-2015 dan arsiparsip yang berhubungan denganjudul pene]itian. Dari penelitian yang dilakukan di dapatkan hasil bahwa dari hasil penghitungan didapatkan nilai rata-rata mean yang diperoleh dari nilai raport peserta didik yang menetap di asrama yaitu 87. Hal ini telah dlbuktikan dengan melakukan analisa pendahuluan yaitu dengan cara mencari mean. Dan Prestasi belajar mata pelajaran bahasa arab peserta didik kelas VII yang tidak menetap di asrama MTS Terpadu Gondang termasuk dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata mean yang diperoleh dari nilaiujian bahasa arab tengah semester ganjil (UTS Genap) peserta didik yang tidak menetap di asrama yaitu 83,5. Analisis prestasi belajar mata pelajaran bahasa arab antara peserta didik yang menetap di asrama dengan pesem didik yang tidak menetap di asrarna, diperoleh hasil perhitungan uji t didapat thitung sebesar 2,140 sedangkan untuk ttabel untuk df atau db = 166 taraf signifikan 5% diperoleh harga sebesar 1,658 dan taraf signifikan 1% diperoleh harga sebesar 2,358. Jadi hasil thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel). Dengan demikian kesimpulannya terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar mata pelajaran bahasa arab antara peserta didik yang menetap di asrama dengan peserta didik yang tidak menetap di asrama di MTS TerpzKlu Gondang Wonopringgo. Namun keduanya sama-sarna memenuhi tarjet Standar KKM.Berdasarkan hasil tersebut, berarti hipotesis yang penulis ajukan diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar, Bahasa arab, Boarding School | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2023 04:14 | ||||||||
Last Modified: | 27 Jul 2023 04:14 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3434 |
Actions (login required)
View Item |