Khotimah, Nurul (2015) Peran kegiatan ekstrakurikuler teater dalam pembentukan kecerdasan verbal linguistik siswa MA Darussalam Kemiri Subah Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.
Text (Thesis)
202109124 NURUL KHOTIMAH BAB I,V DAN LAMP.PDF Download (6MB) |
|
Text (Thesis)
202109124 NURUL KHOTIMAH FULL TEXT.PDF Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Ekstrakurikuler adalah kegiatan tambahan di luar jam pelajaran dengan tujuan sebagai sarana dan wadah bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan yang telah dimiliki. Seperti pramuka, palang merah indonesia (PMI), olah raga, kesenian, karate, taekwondo dan lain sebagainya. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini. Bagaimana kecerdasan verbal linguistik siswa MA Darussalam Kemiri Subah Batang?. Bagaimana kegiatan ekstrakurikuler teater MA Darussalam Kemiri Subah Batang?. Bagaimana peran kegiatan ekstrakurikuler teater dalam pembentukan kecerdasan verbal linguistik siswa MA Darussalam Kemiri Subah Batang? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kecerdasan verbal linguistik siswa MA Darussalam Kemiri Subah Batang. Untuk mengetahui kegiatan ekstrakurikuler teater MA Darussalam Kemiri Subah Batang. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitiari lapangan (field research). Variabel yang digunakan dalam penelitin ini ada dua yaitu variabel eksogen (kecerdasan verbal linguistik) dan variabel endogen (kegiatan ekstrakurikuler teater). Populasi penelitian ini adalah siswa MA Darussalam Kemiri Subah Batang tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah: 169 siswa yang terdiri dari siswa Iaki-laki 74 dan siswa perempuan 94. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji nonnalitas data dengan menggunakan Uji Liliefors dan SPSS 16. Analisis data dengan menggunakan rumus analisis Product Moment. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis mengajukan bahwa kegiatan ekstrakurikuler teater mempunyai peran sangat yang signifikan terhadap pembentukan kecerdasan verbal linguistik siswa di MA Darussalam. Hal ini dibuktikan dengan basil yang signifikan antara rh dengan nilai rt baik taraf signifikan 1 % maupun 5%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa ada peran yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler teater dengan pembentukan kecerdasan verbal linguistik siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler Teater dan Kecerdasan Linguistik | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2023 04:29 | ||||||||
Last Modified: | 28 Jul 2023 04:29 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3443 |
Actions (login required)
View Item |