Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Istiqomah, Ari (2019) Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Rumah sakit merupakan suatu bentuk organisasi sosial ekonomi yang memiliki tujuan utama untuk memberikan jasa pelayanan di bidang kesehatan baik di bidang medis maupun non medis dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Kualitas layanan dalam bidang usaha jasa merupakan suatu bagian dari strategi bisnis yang sangat erat kaitannya dengan kepuasan konsumen, dimana dari kualitas kinerja yang dilakukan dapat memberikan pengaruh secara langsung kepada kepuasan konsumen. Faktor lain yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen adalah kepercayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu Kualitas Pelayanan (X1), Kepercayaan(X2), dan Kepuasan Pasien (Y). Uji statistik yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji asumsi klasiknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji parsial variabelKualitas Pelayanan (X1)dan variabelKepercayaan (X2) berpengaruh signifikan dan positif terhadap Kepuasan Pasien. Tetapi berdasarkan uji simultan variabel Kualitas Pelayanan (X1), dan variabel Kepercayaan(X2), berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Pasien dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0,397 atau 39,7%, sedangkan sisanya 60,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak masuk dalam variabel independen pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNalim,M, Si, NalimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Thohirin Thohirin
Date Deposited: 12 May 2020 05:17
Last Modified: 12 May 2020 05:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/345

Actions (login required)

View Item View Item