Inayati, Khoirul (2016) Penerapan nilai-nilai etika perbankan syariah pada bagian customer service di BNI Syariah cabang Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.
Text
2012111098 KHOIRUL INAYATI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (4MB) |
|
Text
2012111098 KHOIRUL INAYATI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (15MB) |
Abstract
BNI Syariah Cabang Pekalongan merupakan salah satu lembaga keuangan yang operasionalnya berdasarkan prinsip syariah, termasuk dalam menjalankan aktivitas pelayanan. Segi pelayanan menjadi fokus utama bank yang harus selalu ditingkatkan kualitasnya agar nasabah merasa puas dan mampu menarik minat nasabah untuk menjadi mitra kerja.Suatu layanan yang diberikan kepada nasabah tidak akan bertahan baik tanpa adanya etika yang baik sesuai syariah. Customer service mempuyai peran penting dalam menjalankan misi bank untuk menciptakan layanan berkualitas sesuai syariah. Dengan adanya penerapan etika yang baik sesuai syariat islam maka nasabah dapat memberi nilai positif pada bank,karena jika customer service dalam melayani etikanya baik maka image atau citra bank juga akan baik di mata nasabah. Pokok permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan etika perbankan syariah pada bagian customer service di BNI Syariah Cabang Pekalongan. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) yaitu dengan menggabungkan data lapangan dengan teori. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif dengan mendeskripsikan penerapan etika perbankan syariah pada bagian customer service di BNI Syariah Cabang Pekalongan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai etika perbankan syariah pada bagian customer service di BNI Syariah Cabang Pekalongan telah diterapkan dengan baik sesuai kaidah etika islam, yang meliputi keadilan, tanggungjawab, keesaan, keseimbangan dan kehendak bebas. Pelayanan yang diterapkan customer service mengikuti kertas kerja yang sudah ditetapkan oleh bank, yang terdiri dari sikap, skill, dan penampilan. Dengan adanya kertas kerja diharapkan customer service melayani nasabah dengan etika yang baik sesuai dengan prosedur layanan yang ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Perbankan Syariah, Customer Service, BNI Syariah | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2023 02:25 | ||||||||
Last Modified: | 31 Jul 2023 02:25 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3451 |
Actions (login required)
View Item |