Pendidikan inklusi di SD Negeri 02 Srinahan Kesesi Kabupaten Pekalongan

Khaeron, Khaeron (2015) Pendidikan inklusi di SD Negeri 02 Srinahan Kesesi Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
202109149 KHAEROH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (16MB)
[img] Text (Thesis)
202109149 KHAEROH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (30MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Anak merupakan amanah dan karunia dari Allah yang maha Esa. Dalam diri anak melekat harkat dan martabat sebagaimana manusia seutuhnya. Dalam masa pertumbuhan, secara fisik dan mental anak membutuhkan perawatan, perlindungan khusus, serta perlindungan hukum baik sebelum maupun sesudah dilahirkan. Dengan demikian pendidikan merupakan hal yang mutlak diberikan kepada seluruh anak tanpa terkecuali baik bagi mereka yang normal maupun mereka yang mengalami gangguan atau adanya kelainan-kelainan belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana kebijakan pendidikan inklusi di SD Negeri 02 Srinahan Kesesi Kabupatcn Pckalongan, bagaimanakah model pendidikan inklusi yang diterapkan di SD Negeri 02 Srinahan Kesesi Kabupaten Pekalongan, apa faktor pengharnbat dan pendukung pelaksanaan pendidikan inklusi di SD Ncgeri 02 Kesesi Kabupaten Pekalongan. Kegunaan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah secara praktis dan teoritis. Penelitian ini merupukan jenis penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kebijakan model pendidikan inklusi di SD Negeri 02 Srinahan Kesesi Kab. Pekalongan adalah diselenggarakannya pendidikan inklusi yang dapat menjadi salah satu wudah pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus mengingat sekolah SLB yang lokasinya jauh dari tempat tinggalnya. Kebijakan yang kedua adalah sekolah tersebut mengadakan kegiatan pengembangan berupa ekstrakurikuler seperti simtut duror, bulu tangkis, seni lukis, dan lain sebagainya, Model pendidikan inklusi di SD Negeri 02 Srinahan Kesesi Kab. Pekalongan adalah dengan menggunakan model pull out yakni anak berkebutuhan khusus belajar bersama anak lain (normal) di kelas reguler namun dalam waktu-waktu tertentu ditarik dari kelas reguler ke ruang sumber untuk belajar dengan guru pembimbing khusus. Penggunaan model tersebut dikarenakan dirasa efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSholahuddin, M. SugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pendidikan Inklusi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:45
Last Modified: 31 Jul 2023 02:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3452

Actions (login required)

View Item View Item