Studi komparasi minat belajar siswa di daerah Kota Pekalongan degan Kabupaten Pekalongan (studi di SMP N 14 Pekalongan dengan SMP N 1 Bojong)

Maghfiroh, Ainil (2014) Studi komparasi minat belajar siswa di daerah Kota Pekalongan degan Kabupaten Pekalongan (studi di SMP N 14 Pekalongan dengan SMP N 1 Bojong). Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
202109156 AINIL MAGHFIROH BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (6MB)
[img] Text (Thesis)
202109156 AINIL MAGHFIROH FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan merupakan suatu upaya mewariskan nilai, yang akan menjadi penolong dan penuntun dalam menjalani kehidupan, dan sekaligus memperbaiki nasib dan peradaban umat manusia. Kebutuhan untuk menunut ilmu secara formal tidak cuma kebutuhan oleh pelajar yang bersekolah di tingkat kota Pekalongan saja, tetapi juga dirasakan oleh pelajar yang berada di tingkat kabupaten Pekalongan. Pendidikan tidak lepas dari minat belajar siswa Rumusan masalah dalam penelitian ini. 1) bagaimana minat belajar siswa di daerah kota Pekalongan yang bersekolah di SMP N 14 Pekalongan?, 2) bagaimana minat belajar siswa di daerah kabupaten Pekalongan yang bersekolah di SMP N 1 bojong?, dan 3) bagaimana tingkat perbedaan minat belajar siswa di daerah kota pekalongan yang bersekolah di SMPN 14 Pekalongan dengan siswa di darah kabupaten Pekalongan yang bersekolah di SMPN 1 Bojong Pekalonag?. Tujuan dalam penelitian ini 1) untuk mendekatkan minat belajar siswa di daerah kota Pekalongan yang bersekolah di SMPN 14 Pekalongan, 2) untuk mendeskripsikan minat belajar siswa di daerah kabupaten Pekalongan yang bersekolah di SMPN 01 Bojong Pekalongan, '.3) untuk mendeskripsikan tingkat perbedaan minat belajar siswadi daerah kota Pekalongan yang bersekolah di SMPN 14 Pekalongan dengan siswa di daerah kabupaten Pekalongan yang bersekolah di SMPN 01 Bojong Peka1. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Kemudian untuk pengumpulan datanya dengan menggunakan metode angket I kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji hipotesis dilakukan dengan pengujian nilai t hitung terhadap t tabel. T tabel digunakan untuk mengetahui perbandingan antara minat belajar siswa di daerah kota Pekalongan dengan minat belajar siswa di daerah kabupaten Pekalongan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan 1) Minat belajar siswa di daerah Kota Pekalongan di SMP Negeri 14 Pekalongan bisa dikatakan cukup yaitu 93 point dengan rata-rata 79,00 dengan standar deviasi sebesar 6,087, 2) Minat belajar siswa di daerah Kabupaten Pekalongan di SMP Negeri 1 Bojong bisa dikatakan lebih baik yaitu 95 point dengan rata-rata yaitu 83,00 dengan standar deviasi sebesar 4,999, dan 3) Penelitian ini mengidentifikasi bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa di daerah kota Pekalongan dengan minat belajar siswa di daerah kabupaten Pekalongan. Dengan demikian hipotesis dapat diterima. Hal ini dilihat dari t hitung yang lebih besar dari pada t tabel, baik dalam uji taraf signifikan pada tingkat kesalahan 5% maupun pada tingkat kesalahan 1 %, yaitu nilai t Hitung 5,076 > i tabe1 (5%) 1,972 dan t tabe1 (1%) 2,600.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSholehuddin, M. SugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar Siswa kota Pekalongan, minat belajar siswa Kabupaten Pekalongan.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:55
Last Modified: 31 Jul 2023 03:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3455

Actions (login required)

View Item View Item