Gambaran kecerdasan emosional siswa kelas V MI Walisongo Ambokembang 01 Kedungwuni Pekalongan

Syawali, Syawali (2015) Gambaran kecerdasan emosional siswa kelas V MI Walisongo Ambokembang 01 Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
202109252 SYAWALI BAB I,V DAN LAMP.PDF

Download (4MB)
[img] Text (Thesis)
202109252 SYAWALI FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

MI Walisongo Ambokembang 01 adalah sebuah lembag Pendidikan yang berada di kecamatan Kedungwuni. Di dalamnya menampung peserta didik yang berasal dari berbagai kalangan dan dengan latar belakang yang berbeda. Dengan perbedaan itulah maka sifat atau karakter anak didik berbeda pula. Salah satunya seorang anak didik yang satu dengan peserta didik yang lain memiliki kecerdasan emosional yang berbeda. Hal ini dilatar belakangi oleh keadaan ekonomi, sosial, serta tingkat pendidikan orang tua mereka yang berbeda-beda, Misalnya: siswa yang berasal dari kalangan keluarga yang berpendidikan, mereka cenderung lebih peduli kepada teman, tidak suka marah-marah, bisa bersabar, dan punya motivasi yang tinggi. Sebaliknya peserta didik yang berasal dari keluarga yang kurang berpendidikan atau orang tua yang disibukkan dengan pekerjaannya, mereka lebih cenderung kurang memiliki rasa empati, cepat marah, motivasi irinya rendah dan mudah tersinggung. Oleh karena itu kecerdasan emosional sangat penting bagi peserta didik untuk berinteraksi dengan teman, guru dan semua yang berada di lingkungan sekolah MI Walisongo Ambokembang 01 Kedungwui ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kecerdasan emosional siswa kelas V MI Walisongo Ambokembang 01 Kedungwuni Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa kelas V MI Walisongo Ambokembang 01 Kedungwuni Pekalongan. jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field recearch). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pcndekatan kuantitatif. Sumber primer penelitian ini adalah kepala MI Walisougo Ambokemban 01 Kedungwuni Pekalongan, guru Akidah Akhlak kelas V di MI Walisongo Ambokembang 01 Kedungwuni Pekalongan Dan siswa-siswi kelas V di MI Walisongo Ambokembang 01 Kedungwuni Pekalongan. pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara (intrview). Sedangkan metode analisis data dalam penelitian ini pertama, metode anal sa data kuantitatif. Kedua, penulis menggunakan metode analisa data diskriptif kualitatif dengan menggunakan metode induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan tabel frekuensi jawaban tingkat kecerdasan emosional anak di MI Walisongo Ambokembang 01 Kedungwuni Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuslih, Moh.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional Siswa.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:19
Last Modified: 02 Aug 2023 04:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3468

Actions (login required)

View Item View Item