Pengaruh kedisplinan guru terhadap motivasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Wiradesa Kabupaten Pekalongan

Mujab, Jaja syaiful (2015) Pengaruh kedisplinan guru terhadap motivasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
202109262 JAJA SYAIFUL MUJAB BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (9MB)
[img] Text (Thesis)
202109262 JAJA SYAIFUL MUJAB BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Berdasarkan pemantauan sementara di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Wiradesa Kabupatan Pekalongan terlihat bahwa sebagaian siswa-siswa terlihat tidak begitu semangat dalam kegiatan belajar, mereka tidak begitu berminat untuk memperoleh hasil belajar secara optimal. Hal ini terjadi dikarenakan kondisi guru selaku pendidik belum terlihat mampu menjadi contoh bagi keteladanan siswa untuk membangkitkan semangat belajar yang salah satu indikatornya adalah kedisiplinan guru. Kedisiplinan sebagai bentuk tanggungjawab, kesungguhan, ketertiban dan keraturan guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Kedisiplinan-Kedisplinan Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Salafiyah wiradesa kabupaten pekalongan?, dan Bagaimana pengaruh kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar siswa di madrasah tsanawiyah salafiah wiradesa kabupatan pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kedisiplinan guru di madrasah tsanawiyah salafiah wiradesa kabupaten pekalongan (2) motivasi belajar peserta didik di madrasah tsanawiyah salafiah wiradesa kabupaten pekalongan dan (3) pengaruh kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar siswa di madrasah tsanawiyah salafiah wiradesa kabupatan pekalongan. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan, dimana penelitian dilaksanakan pada kancah kehidupan yang sebenarnya. Pendekatannya dengan kuantitatif yaitu analisisnya pada bentuk angka atau bilangan. Metode yang digunakan dengan metode observasi berupa pengamatan, metode angket berupa pertanyaan tersruktur, metode interview berupa wawancara dan metode dokumentasi berupa data lapangan. Analisis data dengan menggunakan bersifat kuantitatif dengan statistika dengan rumus regresi linier sederhana yang selanjutnya mengkonsultasikan nilai t1es baik pada taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisplinan guru di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Wiradesa Kabupaten Pekalongan dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 76 dalam interval 76-77. Motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Wiradesa Kabupaten Pekalongan. dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 77 dalam interval 76-77.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kedisplinan Guru, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 03 Aug 2023 07:26
Last Modified: 03 Aug 2023 07:26
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3474

Actions (login required)

View Item View Item