Analisis fungsi komunikasi customer service dalam pelayanan nasabah di bank tabungan negara (BTN) cabang Pekalongan

Hayati, Desi Rahma (2015) Analisis fungsi komunikasi customer service dalam pelayanan nasabah di bank tabungan negara (BTN) cabang Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2012112020 DESI RAHMA HAYATI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (10MB)
[img] Text
2012112020 DESI RAHMA HAYATI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perbankan merupakan lembaga intermediasi yang menjembatani atau mempertemukan antara pihak yang kelebihan dana dan kekurangan dana. Menurut Undang-undang No. 7 tentang Perbankan, bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan, dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Salah satu personal yang ikut berperan penting dalam operasional bank adalah customer service. Bagi sebuah bank, customer service adalah salah satu frontliner yang memiliki peranan penting. Fungsi customer service salah satunya adalah sebagai komunikator, yaitu sebagai orang yang menghubungi nasabah dan memberikan informasi tentang segala sesuatu yang ada hubungannya antara bank dengan nasabah. Customer service harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai segala sesuatu tentang bank sehingga informasi yang akan digali nasabah dapat diperoleh. Selain itu customer service juga sebagai penyambung lidah antara bank dan nasabah untuk itu kemampuan komunikasi sangat dibutuhkan customer service dalam pelayanan nasabah. Kemampuan komunikasi customer service sangat diperlukan dalam penyampaian informasi kepada nasabah. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses komunikasi customer service kepada nasabah di bank BTN Cabang Pekalongan dan bagaimana fungsi komunikasi customer service dalam pelayanan nasabah di Bank BTN Cabang Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang data-datanya diperoleh langsung dari Bank BTN Cabang Pekalongan. Sedangkan pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer yang berupa hasil wawancara dengan customer service dan manager operasional di Bank BTN Cabang Pekalongan dan data sekunder yang berupa laporan-laporan dari Bank BTN Cabang Pekalongan sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dimana hasil dari penelitian ini dijabarkan dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukakan bahwa proses komunikasi yang terjadi anatara customer service dan nasabah di bank BTN cabang Pekalongan yaitu proses komunikasi, tatap muka dan proses komunikasi bermedia.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyukron, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Fungsi komunikasi, Customer Service
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 03 Aug 2023 07:58
Last Modified: 03 Aug 2023 07:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3475

Actions (login required)

View Item View Item