Pelaksanaan belajar mandiri di pondok pesantren Al-Manshuriyah Mengori Pemalang

Mukminin, Hasanul (2015) Pelaksanaan belajar mandiri di pondok pesantren Al-Manshuriyah Mengori Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
202109302 HASANUL MUKMININ BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (11MB)
[img] Text (Thesis)
202109302 HASANUL MUKMININ BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (28MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Mengori Pemalang diajarkan tentang pelajaran demokrasi pendidikan, sehingga pola pembelajaran yang demokratis di pondok pesantren tersebut nampak. Contohnya dalam kegiatan belajar mengajar kyai tau ustadz mempersilahkan santri untuk bertanya atau mengungkapkan pendapat tentang materi pelajaran yang sedang diajarkan dengan cara mengangkat tangan, serta memberikan kesempatan kepada santrinya untuk melakukan diskusi bersama sebelum pembelajaran dimulai. Dari hasil observasi atau pengamatan diketahui bahwa kyai atau ustadz yang ada di pondok pesantren tersebut menggunakan metode pembelajaran yang bersifat demokratis, dengan menunjukkan prinsip-prinsip demokrasi yang terdiri dari persamaan, kebebasan dan pluralisme. Prinsip persamaan emberikan penegasan bahwa santri berhak tnempunyai persamaan kesempatan dan samaan kedudukan di muka kyai atau ustadz dalam mendapatkan ilmu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan belajar mandiri di Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Mengori Pemalang? Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan belajar mandiri di Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Mengori Pemalang?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan belajar mandiri di Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Mengori Pemalang, untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan belajar mandiri di Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Mengori Pemalang. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan kendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview, dan dokumentasi adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Pondok Pesantren Al-Mashuriyah Mengori Pemalang menggunakan pelaksanaan belajar mandiri setiap jam 19.30 - 21.00 WIB dan dilakukan setiap hari. Penilaian atau pelaksanaan belajar mandiri di Pondok Pesantren Al-Mashuriyah Mengori Pemalang dilakukan dengan cara tes lisan dan hasil penialian tidak dimasukkan ke dalam buku raport melainkan hanya sebagai catatan kegiatan tambahan semata. Kedua, Faktor yang mendukung pelaksanaan belajar mandiri di Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Mengori Pemalang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMiftahul, UlaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Belajar Mandiri dan Pondok Pesantren
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:27
Last Modified: 07 Aug 2023 04:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3485

Actions (login required)

View Item View Item