Implementasi metode pembiasaan dalam menumbuhkan karakter siswa di SMP Muhammadiyah Bligo

Kusumawati, Yuni (2019) Implementasi metode pembiasaan dalam menumbuhkan karakter siswa di SMP Muhammadiyah Bligo. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I -V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalogan.ac.id/

Abstract

Pendidikan merupakan usaha untuk membina dan mengembangkan pribadi manusia, baik pada aspek ruhaniah dan jasmaniah. Pendidikan menjadi sangat penting dalam mengelola kematangan mental dan jiwa seseorang ketika menghadapi benturan dan tantangan yang datang dari luar. Dalam mengajarkan pendidikan karakter memerlukan sebuah pendekatan pembelajaran khusus, karena berkaitan dengan aspek afektif. Salah satunya dengan metode pembiasaan. SMP Muhammadiyah Bligo mengimplementasikan metode pembiasaan melalui beberapa program. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, (1) Bagaimana implementasi metode pembiasaan dalam menumbuhkan karakter siswa di SMP Muhammadiyah Bligo, (2) Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi metode pembiasaan di SMP Muhammadiyah Bligo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan implementasi metode pembiasaan dalam menumbuhkan karakter siswa di SMP Muhammadiyah Bligo dan untuk mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi metode pembiasaan di SMP Muhammadiyah Bligo. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research).Teknik pengmpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangakan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini langkah-langkahnya adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode pembiasaan dalam menumbuhkan karakter di SMP Muhammadiyah Bligo berjalan dengan baik. Adapun program pembiasaannya antara lainperaturan masuk tepat waktu dan bersalaman dengan guru, berseragam sesuai peraturan, tadarus, literasi, sholat dhuha berjamaah, sholat dhuhur berjamaah. Karakter yang muncul dari program pembiasaan tersebut antara lain karakter religius, tanggung jawab, jujur, disiplin dan gemar membaca. Sedangakan dalam manajemennyameliputi perencanaan,sosialisasi, pelaksanaan, dan evaluasi. Faktor pendukungnya antara lain keteladan guru, adanya tata tertib dan ketepatan dalam menjalankan sanksi, adanya sarana dan pra sarana yang memadai, dukungan dan kerja sama masyarakat. Faktor penghambatnya ada beberapa siswa yang terlambat dan mengulur waktu saat melaksanakan program pembiasaan, dan tidak semua guru bersedia mengawasi dan mengawal siswa saat sebelum sholat

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRiskiana, RiskianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembiasaan, Karakter Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 22 Apr 2020 06:06
Last Modified: 22 Apr 2020 06:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/35

Actions (login required)

View Item View Item