Implementasi peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan

Maulana, Akmal (2015) Implementasi peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
202109395 AKMAL MAULANA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (16MB)
[img] Text (Thesis)
202109395 AKMAL MAULANA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (34MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Peraturan atau tata tertib di sekolah merupakan hal yang penting dalam menumbuhkan atau meningkatkan kedisiplinan siswa. Hal ini dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari bahwa siswa yang tidak melaksanakan peraturan di sekolah maka kedisiplinan di luar pun rendah atau menurun. Mengingat peraturan merupakan hal yang sangat penting dalam segala kegiatan terutama disiplin belajar, sehingga dapat dikatakan bahwa kedisiplinan di sekolah merupakan alat yang penting atau pendorong dalam menumbuhkan dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan? Kendala apa saja yang dihadapi implementasi peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan. untuk mengetahui kendala yang dihadapi implementasi peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan ada 4 (empat) cara yakni: memberikan pendekatan konseling bagi siswa, melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan siswa, menggiatkan ekstrakurikuler di madrasah dan mengajak siswa untuk melakukan kegiatan-kegiatan Ibadah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuslih, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peraturan Sekolah, Kedisiplinan Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 10 Aug 2023 06:46
Last Modified: 10 Aug 2023 06:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3510

Actions (login required)

View Item View Item