Munjaroh, Siti (2016) Tinjauan historis kurikulum pendidikan agama islam (pai) jenjang pendidikan menengah (SMA,SMK (STM, dan SMEA), dan MA) era undang-undang pendidikan dan pengajaran no. 4 tahun 1950 sampai dengan undang-undang sisdiknas No. 20 tahun 2003. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.
Text (Thesis)
202109406 SITI MUNJAROH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (11MB) |
|
Text (Thesis)
202109406 SITI MUNJAROH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (51MB) |
Abstract
Kurikulum Pendidikan Agama Islam merupakan sarana atau alat untuk mencapai tujuan pendidikan agama Islam yang sekaligus juga arah pendidikan agama dalam rangka pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Tujuan pendidikan agama Islam ditekankan pada terbentuknya manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Melihat pentingnya peran PAI dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, penulis tertarik untuk meneliti tentang sejarah perkembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) pada jenjang pendidikan menengah (SMA, SMK [STM dan SMEA] dan MA) era Undang-Undang Pendidikan dan Pengajaran No. 4 Tahun 1950 sampai dengan Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003. Untuk itu penulis mengambil judul "Tinjauan Historis Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Jenjang Pendidikan Menengah (SMA, SMK [STM, dan SMEA], dan MA) Era Undang-Undang Pendtdikan dan Pengajaran No. 4 Tahun 1950 sampai dengan Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003" Penulis mengemukakan fokus penelitian ini yaitu bagaimana arah, struktur, dan kandungan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) jenjang pendidikan menengah (SMA, SMK [STM dan SMEA] dan MA) era UU. Pendidikan dan Pengajaran No. 4 Tahun 1950 sampai dengan UU. Sisdiknas No. 20 Tahun 2003. Tujuan penelitian untuk membuat penjelasan arah, struktur, dan kandungan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) jenjang pendidikan menengah (SMA, SMK [STM dan SMEA] dan MA) era UU. Sisdiknas No. 4 Tahun 1950 sampai dengan UU. Sisdiknas No. 20 Tahun 2003. Penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, karena hasil penelitiannya tidak dapat diwujudkan dalam bentuk jumlah tertentu atau tidak dapat diwujudkan dalam bentuk kuantitas (angka), melainkan data yang dihasilkan berupa data dekriptif dalam bentuk pernyataan atau kata-kata tertulis yang berasal dari sumber data yang diamati. Pada penelitian skripsi ini, penulis menggunakan jenis penelitian library research (penelitian pustaka), karena penelitian ini bersifat kajian kepustakaan murni Hasil penelitian menunjukkan: arah kurikulum PAI sesuai dengan tujuan UUPP No. 4 Tahun 1950 sampai dengan UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003. Struktur kurikulum mengalami perubahan setiap pergantian kurikulum, dari beban belajar sampai mata pelajarannya. Kandungan kurikulum PAI sesuai dengan tujuan UUSPN dan UU Sisdiknas yaitu menjadikan manusia yang memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan rekomendasi GBPP dengan tujuan, fungsi dan pendekatan-pendekatannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Tinjauan Historis Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2023 04:20 | ||||||||
Last Modified: | 11 Aug 2023 04:20 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3514 |
Actions (login required)
View Item |