Efektivitas metode diskusi dalam pembelajaran alquran hadis di Kelas V MI Walisongo Tangkil Tengah Kedungwuni

Kamaliyah, Nahnu (2015) Efektivitas metode diskusi dalam pembelajaran alquran hadis di Kelas V MI Walisongo Tangkil Tengah Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
202109417 NAHNU KAMALIYAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (6MB)
[img] Text (Thesis)
202109417 NAHNU KAMALIYAH BAB I - V DAN LAMP FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang diajarkan MI Walisongo Tangkil Tengah Kedungwuni adalah pembelajaran Alquran hadis. Dalam pembelajaran Alquran hadis di MI Walisongo Tangkil Tengah Kedungwuni selama ini guru lebih sering menggunakan metode ceramah, sehingga menyebabkan siswa menjadi bosan. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan belajar anak didik adalah dengan menggunakan metode yaµg menuntut peran aktif siswa untuk berpikir dalam menghadapi suatu persoalan melalui proses interaksi dan individu atau lebih dengan saling bertukar informasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran Alquran hadis di kelas V MI Walisongo Tangkil Tengah Kedungwuni? bagaimana pembelajaran Alquran hadis di kelas V MI Walisongo Tangkil Tengah Kedungwuni? bagaimana efektivitas metode diskusi dalam peningkatan pembelajaran Alquran hadis di kelas V MI Walisongo Tangkil Tengah Kedungwuni?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode diskusi, pembelajaran Alquran hadis dan efektivitas metode diskusi dalam peningkatan pembelajaran Alquran hadis di kelas V MI Walisongo Tangkil Tengah Kedungwuni. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Penggunaan metode diskusi dalam pembelaiaran Alquran Hadis di kelas V MI Walisongo Tangkil Tengah Kedungwuni dilakukan pada semester 2 selama 2 jam pelajaran atau setara dengan 2 x 35 menit = 70 menit. Kedua Pembelajaran Alquran Hadis di kelas V MI Walisongo Tangkil Tengah Kedungwuni berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan silabus yang ada. Ketiga, Efektivitas metode diskusi dalam peningkatan pembelajaran Alquran Hadis di kelas V MI Walisongo Tangkil Tengah Kedungwuni dapat dilihat dari meningkatnya daya serap pada pembelajaran Alquran Hadis siswa kelas V MI Walisongo Tangkil Tengah Kedungwuni.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKaryanto, Umum BudiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi dalam Pembelajaran Alquran Hadis
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:23
Last Modified: 11 Aug 2023 06:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3515

Actions (login required)

View Item View Item