Strategi pemasaran produk investasi syariah di gerai dinar BMT darul mustaqim Kota Pekalongan

Zaqiyah, Fikri (2015) Strategi pemasaran produk investasi syariah di gerai dinar BMT darul mustaqim Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2012112037 FIKRI ZAQIYAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (11MB)
[img] Text
2012112037 FIKRI ZAQIYAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dalam kehidupan yang paling dasar, paling kuat dan paling jelas dari antara sekian kebutuhan manusia adalah kebutuhan untuk mempertahankan hidupnya secara fisik yaitu kebutuhan akan makanan, minuman, tempat berteduh, tidur dan oksigen. Setelah kebutuhan dasar telah terpenuhi timbul kebutuhan sekunder seperti kebutuhan akan barang-barang elektronik, kendaraan dan sebagainya. Kebutuhan akan barang mewah (tersier) datang ketika kebutuhan dasar dan kebutuhan sekunder sudah terpenuhi. Saat semua kebutuhan sudah terpenuhi banyak orang memikirkan untuk mengelola uangnya seperti investasi untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang. Dalam investasi ada investasi konvensional dan investasi syariah, investasi syariah di antaranya investasi dengan basis dinar emas, Gerai Dinar BMT Daarul Mustaqiim Pekalongan dengan produk yang memiliki keunggulan juga kelemahan perlu adanya strategi pemasaran untuk memasarkan produk investasi syariah berbasis dinar tersebut. Hal ini berkaitan erat dengan konsep strategi pemasaran yang digunakan. Dalam meningkatkan penjualan, dengan key success factors yaitu 4 sifat istimewa Nabi Muhammad SAW, dan konsep syariah marketing strategy untuk memenangkan mind-share, syariah marketing tactic untuk memenangkan market share, dan syariah marketing value dalam memenangkan heart-share. Penelitian ini berusaha meneliti strategi pemasaran produk investasi syariah di Gerai Dinar BMT Daarul Mustagiim Pekalongan. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak terkait yang dalam hal ini Manager dan Supervisi Marketing dari Geri Dinar BMT Daarul Mustaqiim Pekalongan, dan data sekunder. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode analisis deskriptif yaitu suatu bentuk penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data-data yang mempunyai hubungan erat dengan permasalahan yang akan diteliti dan membandingkan dengan pengetahuan teori untuk merumuskan persoalan serta kemungkinan untuk mencari pemecahannya. Selain itu dilanjutkan dengan metode analisis yang digunakan untuk menarik kesimpulan dari data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dengan menggunakan konsep syariah markering ini dirasakan Gerai Dinar BMT daarul Mustaqim Pekalongan. efektif dengan pertumbuhan jumlah nasabannya yang semakin meningkat dan tahun ke tahun. Keefektifan ini yang memicu Gerai Dinar BMT Daarul Mustaqima Pekalongan ingin memperkuat strategi permasaraka marketing Dengan demikian Gerai Dinar BMT Darul Must semakin luas dalam menyiarkan lembaga keuangan syariah dengan berbasis dinar emas. Namun dengan adanya tanggapan dari sebagian nasabah BMT Daarul Mastaqim Pekalongan, untuk memberikan sosiolisasi dengan masyarakat masih kurang karena sebagian nasabah masih belum begitu jelas dengan keuntungan dan kelebihan dalam melakukan investasi syariah berbasis dinar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTamamudin, TamamudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, Investasi syariah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:58
Last Modified: 11 Aug 2023 06:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3516

Actions (login required)

View Item View Item