Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Membiasakan Akhlak Teruji Melalui Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Di Kelas Ill MIl Wiroditan Bojong Kabupaten Pekalongan

Istiqomah, Istiqomah (2014) Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Membiasakan Akhlak Teruji Melalui Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Di Kelas Ill MIl Wiroditan Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021311158 ISTIQOMAH BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (5MB)
[img] Other (Thesis)
2021311158 ISTIQOMAH FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pelajaran aqidah akhlak merupakan salah satu mata pelajE11 yang dirasa cukup sulit dan tidak menarik bagi banyak siswa di madrasah.l K~mudian guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu f.1etode ceramah yang mengakibatkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, Hal ini berdampak buruk bagi keaktifan belajar siswa. Salah satu cara dalam mengatasi keadaan ini adalah dengan menerapkan strategi active knowledge sharing agar siswa mampu berperan secara aktif dalam mengembangkan kemampuan yang dimilikinya untuk bisa menguasai pelajaran atau mencapai kompetensi mata pelajaran aqidah akhlak. Penerapan strategi active knowledge shdring yang dibina oleh guru di Mil Wiroditan Bojong Kabupaten Pekalongan yang kan peneliti kaji dalam penelitian ini Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan strategi active knowledge sharing pada mata pelajaran aqidah akhlak di MIT Wiroditan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan?2) Apakah strategi active knowledge sharing dapat meningkatkan keaktifan belaj siswa kelas III pada mata pelajaran aqidah akhlak di Mil Wiroditan Ke amatan Bojong Kabupaten Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah: 1 )untuk mengetahui pelaksanaan strategi active knowledge sharing pada mata pelajaran aqidah akhlak di Mil Wiroditan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan 2)uptuk mengetahui apakah strategi active knowledge sharing dapat meningkatkan f.~aktifan belajar siswa kelas III pada mata pelajaran aqidah akhlak di MIT Wiroditan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah: )Secara teoritis, diharapkan dapat menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan ilmiah di bidang pendidikan, dan secara praktis menjadi sumbangan pemikiran bagi Mil Wiroditan Bojong Kabupaten Pekalongan untuk lebih meningkatkan mutu kegiatan belajar mengajar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Tindakan setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, ~ngamatan, dan refleksi. Untuk memperoleh data adalah dengan cara pengamatan aktivitas guru dan siswa, dan evaluasi belajar. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian: 1) Pelalcsanaan strategi active knowle ge sharing pada mata pelajaran aqidah akhlak di Mil Wiroditan Bojong Kabupaten Pekalongan dilaksanakan selama 3 kali pertemuan, melalui penelitian tindakan kelas, pada satu kelas, yaitu kelas III, dengan langkah-langkah sebagai berikut: (a)Guru membuat pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi. Pertanyaan berupa soal uraian, (b)Guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan, (c) Guru meminta semua siswa untuk berkeliling mencari teman yang dapat membantu menjawab pertanyaan yang tidak diketahui atau diragukan jawabannya. Guru menekankan pada siswa untuk saling membantu, d. Guru meminta siswa untuk kembali ke tempat duduk masing-masing. Kemudian guru memeriksa jawaban mereka. Pertanyaan-pertanyaan yang tidak dapat dijawab oleh siswa, diulas dan dijawab oleh guru bersama siswa. Kemudian jawaban-jawaban yang muncul digunakan sebagai jembatan untuk mengenalkan topik-topik rang penting di kelas; 2)Aktivitas siswa di kelas III MU Wiroditan Bojong Kabupaten Pekalongan melalui strategi active knowledge sharing, pada pra siklus diperoleh skor rata-rata 1,40 dengan kriteria k:urang,pada siklus I diperoleh skor rata rata 2,40 dalam kriteria sedang, pada siklus II diperoleh skor rata-rata 2,70 dalam Fteria baik, dan pada Siklus III diperoleh skor rata-rata 3,70 dalam kriteria sangat baik sehingga mengalami peningkatan sebesar 1,00pada pra siklus ke siklus I, q,30 pada siklus I ke siklus II, dan 1,00 pad.a siklus II ke Siklus III, Peningkatan terjadi karena siswa sud.ahmemperhatikan pelajaran dengan sungguh-sungguh, sudah dapat menguasai materi pembelajaran dengan baik, dan mengerjakan tugas yan diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaskhur, MaskhurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar, Strategi Active Knowledge Shrring
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 14 Aug 2023 06:35
Last Modified: 14 Aug 2023 06:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3527

Actions (login required)

View Item View Item