Reviana, Suli (2015) Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam di SMP Negeri 3 Sragi. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Text
2021111201 SULI REVIANA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (22MB) |
|
Text
2021111201 SULI REVIANA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (10MB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran, hal yang terpenting adalah bagaimana seorang guru mampu bersikap profesional mengingat guru mempunyai tugas yaitu mengajar, mendidik, dan melatih. Selain itu guru juga harus mempunyai kompetensi (kemampuan dan keterampilan) salah satunya adalah kompetensi pedagogik. Suatu proses pembelajaran dikatakan berhasil apabila siswa mampu memcapai kompetensi yang telah ditentukan dengan nilai yang melampaui standar ketuntasan minimal. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri 3 Sragi, bagaimana prestasi belajar pendidikan agama islam di SMP Negeri 3 Sragi, dan bagaimana pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam di SMP Negeri 3 Sragi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik sampling Simple Random Sampling. Metode analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri 3 Sragi Kabupaten Pekalongan dalam kategori baik, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil pengisian angket yaitu sebesar 73,97 terletak pada kelas interval (72-75), nilai tersebut pada tabel distribusi frekuensi dalam ketegori baik dengan frekuensi relatif 31%. Sedangkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Sragi semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 dalam kategori baik, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata prestasi belajar yaitu 80,51 terletak pada kelas interval (80-82) nilai tersebut pada tabel distribusi frekuensi dalam kategori baik denga frekuensi relatif 35%. Kompetensi pedagogik guru mempunyai pengaruh yang signifkan dengan prestasi belajar pendidikan agama islam di SMP Negeri 3 Sragi, hal ini terbukti dari hasil perhitungan diperoleh nilai Ttest 2, 89855 hasil penelitian tersebut pada taraf kesalahan 5% dan 1%. Dengan demikian, hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X (kompetensi pedagogik guru) dengan variabel Y (prestasi belajar Pendidikan agama islam) di SMP Negeri 3 Sragi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik Guru, Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Rosi Rosi | ||||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2023 07:25 | ||||||||
Last Modified: | 14 Aug 2023 07:25 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3532 |
Actions (login required)
View Item |