Implementasi metode pembiasaan dalam pendidikan agama islam di SDIT Bahrul Ulum Kwayangan Kedungwuni Pekalongan

Kharnidah, Nur (2014) Implementasi metode pembiasaan dalam pendidikan agama islam di SDIT Bahrul Ulum Kwayangan Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
202109449 NUR KHAMIDAH BAB I,V DAN LAMP.PDF

Download (12MB)
[img] Text (Thesis)
202109449 NUR KHAMIDAH FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Proses implementasi nilai ajaran Islam menjadi sangat penting bagi peserta didik untuk dapat mengamalkan dan mentaati ajaran dan nilai-nila agama dalam kehidupannya, sehingga tujuan Pendidikan Agama Islam tercapai. Upaya dari pihak sekolah untuk dapat mengintemalisasikan nilai ajaran agam Islam kepada diri peserta didik menjadi sangat penting, dan salah satu upaya tersebut adalah dengan metode pembiasaan di lingkungan sekolah. Metode pembiasaan tersebut adalah dengan menciptakan suasana religius di sekolah, karena kegiatan keagamaan dan praktik-praktik keagamaan yang dilaksanakan semua terprogram dan rutin (pembiasaan) diliarapkan dapat mentransfon asikan dan mengimplementasikan pendidikan agama Islam secara baik kepada peserta didik. Oleh karena itu, ketika suatu praktik sudah terbiasa dilakukan, pembiasaan ini maka akan menjadi habit bagi yang melakukannya, kemudian akan menjadi ketagihan dan pada waktunya menjadi tradisi yang sulit untuk ditinggalkan. Di sinilah pentingnya pembiasaan dalam proses pendidikan. metode pembiasaan dalam pendidikan agama Islam di SDIT Bahrul Ulum Kwayangan Kedungwuni Pekalongan?, dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode pembiasaan dalam pendidikan agama Islam di SDIT Bahrul Ulum Kwayangan Kedungwuni Pekalongan? Tujuan penelitian ini untuk memaparkan implementasi metode pembiasaan dalam pendidikan agama Islam di SDIT Bahrul Ulum Kwayangan Kedungwuni Pekalongan, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode pembiasaan dalam pendidikan agama Islam di SDIT Bahrul Ulum Kwayangan Kedungwuni Pekalongan. Kegunaan penelitiaan ini adalah dapat digunakan sebagai wacana untuk memperkaya bacaan, pegetahuan dan dapat mendorong guru untuk lebih memperkaya metode dalam pendidikan agama Islam serta tidak hanya sekedar teoritis semata, melainkan mampu untuk ditransfonnasikan dalam sendi-sendi kehidupan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dan model Miles dan Huberman yang mana melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi metode pembiasaan dalam pendidikan agama Islam di SDIT Bahrul Ulum Kwayangan Kedungwuni Pekalongan antara lain Materi pembiasaan dalam pendidikan agama Islam ini meliputi pembiasaan dalam keimanan yang diterapkan melalui hafalan asma'ul husna, hafalan do'a-do'a harian, hafalan surat-surat juz 'amma, pem iasaan dalam menerapkankeimanan melalui shalat dhuhur dan shalat dhuha berjamaah, infaq, dan pembiasaan dalam akhlak diterapkan melalui pembiasaan akhlak terpuji seperti berkata jujur, berbicara sopan, berpakaian Islami, adab makan dan minum. Pelaksanaan pembiasaan yang diterapkan dalam pendidikan agama Islam antara lain pembiasaan rutin, dan pembiasaan khusus atau mingguan. Faktor pendukung dan penghambat implementasi metode pembiasaan dalam pendidikan agama Islam di SDIT Bahrul Ulum Kwayangan Kedungwuni Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuslih, Moh.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembiasaan dan Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 14 Aug 2023 07:34
Last Modified: 14 Aug 2023 07:34
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3533

Actions (login required)

View Item View Item