Upaya sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang religius di MTs Salafiyah Kelurahan Jenggot Kota Pekalongan Tahun Ajaran 2015

Dewi, Imas Anggraeni (2015) Upaya sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang religius di MTs Salafiyah Kelurahan Jenggot Kota Pekalongan Tahun Ajaran 2015. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111203 IMAS ANGGRAENI DEWI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (24MB)
[img] Text
2021111203 IMAS ANGGRAENI DEWI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (11MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan penulis tentang upaya MTs Salafiyah Kelurahan Jenggot dalam menciptakan lingkungan belajar yang religi. Melalui pendidikan diharapkan setiap peserta didik memiliki sikap religius dimanapun mereka berada. Lingkungan belajar yang religius merupakan tempat belajar peserta didik yang tidak hanya mengajarkan teorinya saja melainkan di dalam suasana dan kegiatannya yang penuh dengan nilai-nilai keagamaan. Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana upaya sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang religius di MTs Salafiyah Jenggot Kota Pekalongan. Permasalahan yang akan dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana upaya sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang religius di MTs Salafiyah Kelurahan Jenggot Kota Pekalongan tahun ajaran 2015 dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menciptakan lingkungan belajar yang religius di MTs Salafiyah Kelurahan Jenggot Kota Pekalongan tahun ajaran 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan sekolah dan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam menciptakan lingkungan belajar yang religius di MTs Salafiyah Kelurahan Jenggot Kota Pekalongan tahun ajaran 2015. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dan sumbangan pemikiran bagi MTs Salafiyah Kelurahan Jenggot Kota Pekalongan untuk lebih mengembangkan program dalam upaya sekolah menciptakan lingkungan belajar yang religius di MTs Salafiyah Kelurahan Jenggot Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, mengambil tempat penelitian di MTs Salafiyah Jenggot Kota Pekalongan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif yaitu mengambil kesimpulan dari yang khusus ke umum serta analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang religius sudah dilaksanakan cukup baik, dilihat dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan penuh dengan nilai-nilai agama yang dilakukan secara terprogram, berkesinambungan, dan mendapat pengawasan yang tegas. Kegiatan yang dilakukan adalah pembacaan asmaul husna, pembacaan doa bersama, tadarus al qur'an, sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah, pembacaan shalawat, pembacaan istighotsah, ziarah kubur, hafalan juz amma, madrasah diniyah, pemisahan peserta didik laki-laki dan perempuan, serta 5s. Faktor pendukung datang dari masyarakat yang mengizinkan peserta didik melaksanakan shalat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah di musholla milik warga. Faktor penghambat datang dari kebiasaan peserta didik di luar sekolah seperti kenakalan-kenakalan di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasyar, KhoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sekolah, Lingkungan Belajar, Religius
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 15 Aug 2023 03:14
Last Modified: 15 Aug 2023 03:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3534

Actions (login required)

View Item View Item