Model pembelajaran cooperative learning pada mapel ski siswa kelas VIII di MTs YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan

Rizqiyati, Ati (2014) Model pembelajaran cooperative learning pada mapel ski siswa kelas VIII di MTs YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
202109472 ATI RIZQIYATI BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (5MB)
[img] Text (Thesis)
202109472 ATI RIZQIYATI FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Metode pembelajaran yang diterapkan kepada anak-anak sebagai peserta didik, terutama pada anak usia yang mulai menginjak remaja awal haruslah memiliki dasar yang kuat dalam memotivasi belajanya. Model pembelajaran tersebut dapat berupa model pembelajaran cooperative learning. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagairnana pelaksanaan pembelajaran cooperative learning pada mapel SKI bagi siswa kelas VIIl di MTs YMI Wonopringgo Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014? (2) Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat model pembelajaran dengan cooperatif learning pada mapel SKI siswa kelas VIII di MTs YMI Wonopringgo Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014?. Jenis penelitian dari penulisan skripsi ini adalah penelitian lapangan, dimana penelitian yang digunakan adalah kancah kehidupan yang sebenarnya. Penelitian lapangan memiliki maksud untuk memecahkan masalah-masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari melalui kegiatan penelitian yang dilakukan di lapangan tersebut. Metode atau teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan anlisisnya menggunakan kualitatif yang hasilnya diungkapkan dengan pemyataan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, pelaksanaan model pembelajaran cooperative learning pada mapel SKI kelas VIII di MTs YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan dapat dikatakan sudah baik. Namun, dalam pelaksanaannya ada beberapa hal yang belum maksimal, yaitu guru belum menetapkan aturan dalam diskusi dan belum melakukan perannya sebagai director-motivator yaitu mengarahkan jalannya diskusi. Sehingga masih ada siswa yang berbicara sendiri ketika presentasi berlangsung. Adapun faktor pendukung dan penghambatnya. Faktor-faktor pendukung: (1) Kesiapan guru, (2) Kesiapan siswa, (3) Suasana pembelajaran yang mampu diciptakan dengan sebaik-baiknya, (4) Pengembangan manajemen yang diterapkan oleh Kepala Madrasah. Faktor penghambatnya: (1) Fasilitas dan sarana yang masih belum memadai, (2)Jumlah siswa dalam kelas yang terlalu banyak sehingga proses pembelajaran kurang efektif untuk mengembangan pola pembelajran tutor sebaya tersebut, (3) Ketersediaan media pembelajaran SKI yang belum optimal sehingga kurang mendukung pengembangan model pembelajaran dengan cooperative learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhamidi, Aris NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Cooperative Learning dan Mapel SKI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:54
Last Modified: 15 Aug 2023 02:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3541

Actions (login required)

View Item View Item