Metode pembelajaran pada pesantren tradisional (studi pada pondok pesantren Roudhotul Muta'allimin Comal Kabupaten Pemalang)

Izzah, Millatul (2015) Metode pembelajaran pada pesantren tradisional (studi pada pondok pesantren Roudhotul Muta'allimin Comal Kabupaten Pemalang). Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
202110334 MILLATUL IZZAH BAB 1 - V .PDF

Download (4MB)
[img] Text (Thesis)
202110334 MILLATUL IZZAH BAB 1 - V DAN LAMPIRAN FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pondok Pesantren Roudhotul Muta'allimin Comal merupakan pesantren tradisional yang tetap memegang teguh tradisi lama sebuah pesantren. Seiring dengan perkembangan zaman, pendidikan di pondok pesantren mengalami pembaharuan serta pengembangan, khususnya kurikulum dan metode pembelajaran. Sebagian pesantren telah mengakomodasikan program pendidikan madrasah atau sekolah, dan sebagian lagi tetap mempertahankan pola pendidikan khas pesantren yang telah lama berlaku, baik kurikulum maupun metode pembelajarannya. Dalam sebuah pembelajaran pasti dibutuhkan metode yang tepat untuk menyajikan materi kepada santri secara baik, sehingga diperoleh hasil yang efektif dan efisien. Karena metode merupakan salah satu komponen pengajaran dan metode menempati peranan yang tidak kalah pentingnya dari kemampuan lainnya dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apa saja metode pembelajaran yang diterapkan di pondok pesantren Roudhotul Muta'allimin Comal, Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam penerapan metode pembelajaran di pondok pesantren Roudhotul Muta'allimin Comal. Ada pun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (file research) dan penelitian pustaka (library research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan metode induktif dan metode deskriptif. Hasil penelitian pada pondok pesantren Roudhotul Muta'allimin adalah bahwa pada pesantren ini masih memegang teguh tradisi lama yang digunakan dalam pembelajaran yang telahadap ada sebuah pesantren yaitu metode sorogan, wetonan, dan hafalan. Adapun factor pendukung dan penghambat metode pembelajaran pesantren tradisional. Faktor pendukung seperti adanya skill atau kemampuan pengajar, adanya kerjasama antara kyai dengan santri, dan keinginan kyai untuk melestarikan metode yang telah lama digunakan dalam pesantren. Faktor penghambat seperti kurangnya sarana dan prasarana, kurangnya tenaga pengajar dan kurangnya dukungan dari orang tua atau wali santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuhlisin, MuhlisinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran dan Pesantren Tradisional
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 15 Aug 2023 08:15
Last Modified: 29 Aug 2023 03:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3556

Actions (login required)

View Item View Item