Upaya pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui pembiasaan dalam pendidikan model Boarding School di MAS Simbangkulon Pekalongan

Alatas, Aminah Balgis (2016) Upaya pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui pembiasaan dalam pendidikan model Boarding School di MAS Simbangkulon Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111221 AMINAH BALGIS ALATAS BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (37MB)
[img] Text
2021111221 AMINAH BALGIS ALATAS BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (18MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kegelisahan nasional tentang rusaknya karakter bangsa, karena sudah menyimpang jauh atau bertentangan dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Pendidikan sangatlah memengaruhi pola pikir anak sebagai calon generasi muda bangsaMaka dari itu, sangatlah dibutuhkan sistem pendidikan yang baik untuk membentuk moral dan menanamkan karakter disiplin bagi anak sejak masa sekolah. MAS Simbangkulon Pekalongan khususnya jurusan keagamaan merupakan lembaga pendidikan yang dianggap dapat menjadi wadah penanaman dalam pembentukan karakter peserta didik di tengah zaman yang mengharuskan adanya pembenahan sistem pendidikan yang berkaitan dengan moral anak bangsa. Dari uraian tersebut dirumuskan permasalahan yaitu bagaimana upaya pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui pembiasaan dalam pendidikan model boarding school di MAS Simbangkulon Pekalongan dan apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui pembiasaan dalam pendidikan model Boarding School di MAS Simbangkulon serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai kontribusi atau untuk memberikan informasi dalam pengembangan penelitian selanjutnya, sebagai sumbangan ilmu pengetahuan dan pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling jenisnya purposive sampling. Data primer yang didapat dari kepala sekolah, pengurus boarding school, pendidik, pengasuh boarding school, peserta didik asrama dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari sumber lain yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif model interakitf. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui pembiasaan dalam pendidikan model boarding school di MAS Simbangkulon di dalamnya terdapat pelaksanaan pembelajaran diantaranya memadukan kurikulum (materi wajib), kegiatan ekstrakulikuler (kegiatan tambahan) dan kegiatan harian (rutin). Kegiatan yang ada di dalam boarding school ini dianggap cukup positif dan berhasil karena adanya pengawasan selama 24 jam oleh pengasuh boarding school , juga adanya reward dan punishment dalam setiap kegiatan, serta diimbangin dengan materi-materi keagamaan yang sangat membantu dalam pembentukan karekter peserta didik terutama karakter disiplin. Metode yang digunakan menggunakan hafalan, bandongan, sorogan, pembiasaan dan keteladanan yang dilakukan seluruh peseta didik boarding school di MAS Simbangkulon Pekalongan. Faktor pendukungnya adalah adanya komitmen bersama antara pengurus yaysan, kepala sekolah, guru, pengasuh serta didukung oleh orang tua dan warga sekitar. Sedangkan faktor penghambat adalah latar belakang peserta didik yang variatif, kurangnya kerja sama yang baik dengan beberapa wali santri dan kegiatan warga sekitar yang terkadang mengganggu kegiatan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Boarding School, Karakter Disiplin
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 21 Aug 2023 04:32
Last Modified: 21 Aug 2023 04:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3561

Actions (login required)

View Item View Item