Upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan islam melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di SMP Negeri 13 Pekalongan

Hidayah, Miftahul (2015) Upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan islam melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di SMP Negeri 13 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111231 MIFTAHUL HIDAYAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
[img] Text
2021111231 MIFTAHUL HIDAYAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (9MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Guru PAI di sekolah/madrasah pada dasarnya melakukan kegiatan pendidikan islam, yaitu upaya normatif untuk membantu seseorang atau sekelompok orang (peserta didik) dalam mengembangkan pendangan hidup islami, sikap hidup islami yang dimanifestasikan dalam keterampilan hidup sehari-hari. Sekolah diharapkan tidak hanya menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian tertentu saja, namun bisa menyeimbangkan pengetahuan ilmu umum yang dimiliki dengan penanaman nilai-nilai pendidikan islam. Salah satu caranya melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan islam melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di SMP Negeri 13 Pekalongan dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan islam melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di SMP Negeri 13 Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dan faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan islam melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di SMP Negeri 13 Pekalongan. Metodologi dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis analisis datanya adalah analisa deskriptif kualitatif. Penulis mendeskripsikan secara mendalam hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan tanpa melibatkan angka-angka. Hasil penelitian ini adalah upaya guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan islam melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di SMP Negeri 13 Pekalongan yaitu penanaman nilai akidah melalui pembiasaan tadarus pagi dan kegiatan ahad pagi. Penanaman nilai ibadah melalui pembiasaan shalat, pembiasaan do'a dan pembiasaan infak. Penanaman nilai akhlak melalui pembiasaan salam, pembiasaan hidup bersih dan meneladani kisah teladan. Adapun faktor pendukung dan penghambat upaya guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan islam melalui pembiasaan kegiatan keagamaan yaitu faktor pendukung meliputi seluruh komponen sekolah menanamkan nilai-nilai pendidikan islam, input yang didapatkan secara moral sudah baik, sarana dan prasarana sudah tersedia, adanya jadwal pelaksanaan pembiasaan kegiatan keagamaan di SMP Negeri 13 Pekalongan. Faktor penghambat berasak dari guru PAI sendiri yang merasakan keterbatasan waktu, pengaruh lingkungan dan pergaulan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSuraji, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guru Pendidikan Agama Islam, Nilai-nilai pendidikan islam, pembiasaan kegiatan keagamaan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 22 Aug 2023 09:22
Last Modified: 22 Aug 2023 09:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3564

Actions (login required)

View Item View Item