Persepsi Siswa Kelas IX MTs IN (Isthifaiyah Nahdhiyah) Banyurip Ageng Pekalongan Dalam Menentukan Pendidikan Jenjang Lebih Tinggi

Muslim, Edward (2015) Persepsi Siswa Kelas IX MTs IN (Isthifaiyah Nahdhiyah) Banyurip Ageng Pekalongan Dalam Menentukan Pendidikan Jenjang Lebih Tinggi. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111236 EDWARD MUSLIM BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (13MB)
[img] Text
2021111236 EDWARD MUSLIM BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (28MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Siswa memiliki hak dan kewajiban untuk terus menuntut ilmu. Bagi siswa kelas XI MTs IN (Isthifaiyah Nahdhiyah) Banyurip Ageng Pekalongan yang akan lulus memiliki persoalan tentang kemana mereka akan melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi. Siswa memiliki peran untuk memilih lembaga pendidikan yang sesuai dengan minat dan kehendaknya. Namun, bagi siswa yang melanjutkan sekolah atas dasar mengikuti teman karib atau hanya mengikuti keinginan orang tua dan atau terkendala oleh biaya, hal itu akan mengganggu proses pendidikan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi Siswa Kelas IX MTs IN (Isthifaiyah Nahdhiyah) Banyurip Ageng Pekalongan dalam menentukan pendidikan jenjang lebih tinggi?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi Siswa Kelas IX MTs IN (Isthifaiyah Nahdhiyah) Banyurip Ageng Pekalongan dalam menentukan pendidikan jenjang lebih tinggi. Kegunaan penelitian ini secara teoritis dapat memberikan kontribusi keilmuan dalam bidang pendidikan, khususnya kebutuhan masyarakat terhadap lembaga pendidikan yang ada. Secara praktis penelitian ini berguna sebagai bahan evaluasi bagi pemerintah, lembaga pendidikan dan orang tua siswa dalam membangun dan mengembangkan pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian yang dilakukan ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi Siswa Kelas IX MTs IN (Isthifaiyah Nahdhiyah) Banyurip Ageng Pekalongan dalam menentukan pendidikan jenjang lebih tinggi adalah siswa memberikan persepsi terhadap MA/MAN, SMK, SMA dan terhadap lembaga pendidikan negeri atau swasta. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi Siswa Kelas IX MTs IN (Isthifaiyah Nahdhiyah) Banyurip Ageng Pekalongan ada empat, yaitu: (1) Minat, bagi siswa yang melanjutkan ke SMK beralasan ingin cepat bekerja, bagi siswa yang melanjutkan ke MA/MAN beralasan ingin memperdalam ilmu agama islam dab=n bagi siswa yang melanjutkan ke SMA ingin meningkatkan prestasi di sekolah yang unggul dan berprestasi. (2) Ekonomi, bagi siswa yang tergolong dari keluarga kurang mampu lebih memilih sekolah yang lebih terjangkau namun bagi siswa yang hidup dengan keluarga mapan tidak begitu mempermasalahkan akan biaya cenderung lebih memprioritaskan sekolah yang sesuai dengan minat mereka. (3). Motivasi, motivasi yang muncul dari dalam diri siswa seperti adanya harapan dan upaya mewujudkan cita-cita. Sedangkan motivasi dari luar dapat diketahui dari nasihat-nasihat dan dorongan orang tua yang diterima oleh siswa untuk melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi. (4) Agama, kebutuhan siswa terhadap ilmu agama islam menjadikan Siswa Kelas IX MTs IN (Isthifaiyah Nahdhiyah) Banyurip Ageng Pekalongan lebih banyak memilih untuk melanjutkan ke MA/MAN dibandingkan dengan lembaga pendidikan lain. Dari delapan informan, empat diantaranya memilih untuk melanjutkan ke MA/MAN, tiga melanjutkan ke SMK dan satu melanjutkan ke SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFatikhah, FatikhahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, Menentukan pendidikan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:09
Last Modified: 30 Aug 2023 04:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3566

Actions (login required)

View Item View Item