Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAI Di SMP N 03 Pekalongan

Syaifudin, Akhmad (2015) Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAI Di SMP N 03 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111249 AKHMAD SYAIFUDIN BAB 1 - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
[img] Text
2021111249 AKHMAD SYAIFUDIN BAB 1, V DAN LAMP_1.PDF

Download (6MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Guru merupakan salah satu komponen terpenting dalam pendidikan. Tugas guru yang begitu berat menuntut seorang guru untuk mempunyai kompetensi agar tugasnya berjalan secara optimal. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru adalah kompetensi pedagogik. Kompetensi Pedagogik merupakan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang meliputi pemahaman terbadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru PAI merupakan proses siswa menerima dan menanggapi kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran sehingga guru PAI dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas tercipta suatu kondisi belajar yang efektif dan menyenangkan. Persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru PAI akan berpengaruh terhadap minat dan keseriusan siswa dalam belajar materi PAI sehingga prestasi siswa dalam mata pelajaran PAI juga akan meningkat. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru PAI di SMP N 03 Pekalongan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru PAI di SMP N 03 Pekalongan. Sedangkan kegunaan hasil penelitian ini adalah bagi guru PAI untuk meningkatkan kemampuan kompetensi pedagogiknya, bagi siswa untuk membantu siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar, bagi peneliti dapat dijadikan sebagai pengalaman yang berharga dalam penulisan karya ilmiah dan bagi pembaca sebagai bahan acuan untuk pengembangan penelitian selanjutnya. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII, VITI dan IX SMP Negeri 03 Pekalongan yang berjumlah 63 siswa, pengambilan sempel dilakukan dengan cara random sampling. Kemudian dalam pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya yaitu analisis kuantitatif dengan metode statistik deskriptif yang menggunakan rumus prosentase. Hasil penelitian persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru PAI di SMP N 03 Pekalongan yaitu masuk dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-rata yang didapat 78,3 dan berada pada interval 77-82. Persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru PAI di SMP N 03 Pekalongan yang meliputi persepsi siswa terhadap kemampuan guru PAI dalam pemahaman terhadap siswa, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan potensi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Kompetensi Pedagogik, Guru Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:09
Last Modified: 30 Aug 2023 04:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3575

Actions (login required)

View Item View Item