Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Lapas Klas IIA Pekalongan

Rizki, Eka Kurnia (2015) Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Lapas Klas IIA Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111251 EKA KURNIA RIZKI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
[img] Text
2021111251 EKA KURNIA RIZKI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (7MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitiant ini dilatarbelakangi karena narapidana selalu dikaitkan dengan sesuatu yang buruk. Oleh sebab itu peneliti meneliti tentang pelaksanaan pendidikan agama Islam. Karena, untuk menciptakan manusia yang berakhlak mulia, Islam telah mengajarkan bahwa pembinaan jiwa harus lebih diutamakan daripada pembinaan fisik atau pembinaan pada aspek-aspek lain, karena dari jiwa yang baik inilah akan lahir perbuatan-perbuatan yang baik yang pada gilirannya akan menghasilkan kebaikan dan kebahagiaan pada seluruh kehidupan manusia lahir dan batin. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam di Lapas Klas IIA Pekalongan?. Serta, apa faktor penghambat pelaksanaan pendidikan agama islam di Lapas Klas IIA Pekalongan?. Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam di Lapas Klas IIA Pekalongan. Serta, untuk mengetahui faktor penghambat pelaksanaan pendidikan agama Islam di Lapas Klas IIA Pekalongan. Kegunaan penelitian ini secara teoritis untuk menambah bahan referensi di bidang karya ilmiah. Sedangkan, secara praktis untuk memberikan sumbangan pemikiran dan bahan masukan bagi pihak-pihak yang terkait dalam masalah pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam di Lapas Klas IIA Pekalongan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis data menggunakan teknik reduksi data, data display dan verifikasi kesimpulan. Hasil dari pelaksanaan pendidikan agama Islam di Lapas Klas IIA adalah: Tujuan pelaksanaan pendidikan agama Islam di Lapas Pekalongan diantaranya sebagai berikut: a. Untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan warga binaan, b. Untuk memberikan bekal dan pedoman hidup beragama dan c. Untuk mempersiapkan warga binaan untuk dapat berinteraksi secara sehat dengan masyarakat. Materi pendidikan agama Islam di Lapas Klas IIA Pekalongan terdiri dari: a. Materi tauhid, b. Materi akhlak, c. Materi baca tulis Al-Qur'an, d. Materi Penyuluhan Hukum, e. Materi Tafsir, f. Materi Hadits, dan g. Materi Tasawuf. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pendidikan di Lapas Pekalongan adalah: Metode Ceramah, Metode Qiro'ah, Metode Pembiasaan dan Metode Nasehat. Hambatan pelaksanaan pendidikan agama Islam di Lapas Pekalongan diantaranya: Hilangnya minat belajar warga binaan dan Kurangnya perhatian atau fokus warga binaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasyar, KhoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Pembinaan Mental dan Narapidana
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:10
Last Modified: 30 Aug 2023 04:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3576

Actions (login required)

View Item View Item